Legitnya Bajigur Berlimpah Daging Durian, Bikin Ketagihan

Bandung - TemanBaik yang pernah hangout ke Jalan terusan Kopo, tepatnya Jalan raya Katapang km 11 Bandung, jangan lupa mampir loh ke sebuah kedai sederhana yang bernama Bajigur Durian Asoy. Di tempat ini ada minuman khas Sunda yang dikolaborasikan dengan durian. Soal rasa? Legit manja deh pokoknya.

Sang pemilik Tutang Kusniadi bercerita jika minuman tradisional ini sengaja dikolaborasikan dengan buah durian dan kelapa muda agar rasanya lebih unik dan eksotik. 
 
“Ide ini saya gagas pertama kali tahun 2009. Dengan modal Rp 200ribu saya mulai mengenalkan bajigur dengan tambahan buah durian di dalamnya. Karena selama ini orang-orang bosan dengan bajigur yang dibuat dari santan kelapa dan gula aren saja," ujar Tatang kepada BeritaBaik.
 
Di tempat yang sama, pengunjung pun akan disuguhkan dengan dua jenis durian dan kelapa yang berbeda. Kalau ingin merasakan sensasi orisinal, durian dan kelapa segar bisa langsung disandingkan dengan bajigur. Ada pula minuman Kala Bendu alias kalapa beleum nggango kadu atau kelapa bakar pakai durian yang disajikan di dalam mangkuk beralas daun pisang. 


Sajian itu lebih seperti penutup makan. Isinya terdiri atas dua daging durian bakar berukuran besar atau empat buah berukuran kecil, ditambah irisan daging kelapa bakar berwarna kecokelatan dan ketan hitam. Lalu diguyur kinca atau cairan gula merah.
 
“Untuk pemanisnya, saya menggunakan peueut atau bahan gula aren setengah jadi yang diambil langsung dari air nila. Sentuhan tradisional ini tetap saya pertahankan meski ketersediaan bahan bakunya sangat terbatas,” paparnya.
 
Bagi yang ingin merasakan sensasi buah durian yang telah dibakar, bersiaplah menunggu sekitar 4-5 jam jika stok yang tersedia sudah habis. Namun TemanBaik tak perlu kecewa karena si durian bakar ini siap menghipnotis lidah hingga gigitan terakhir. 
 
“Untuk menu yang memakai durian atau kelapa bakar, sebelum dimasukkan ke oven, durian utuh terlebih dulu dilapisi aluminium foil sampai wanginya semerbak. Sensasi inilah yang biasanya membuat orang-orang tergoda untuk singgah kesini,” sambungnya.

Setiap minggunya, Bagijur Durian Asoy kerap menghabiskan sekitar 500 durian yang didatangkan langsung dari Sumatera dan Jawa. Sejauh ini, ia mengaku enggak pernah kehabisan stok loh. "Untuk varian minuman durian yang ada disini engak ada yang mahal. Rata- rata di angka Rp 20 ribuan per porsi," pungkasnya.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler