Vidya Listyanova, Pastry Chef Ini Sukses Bikin Resep Kue inovatif

Bandung - TemanBaik, kenalan sama Chef Vidya yuk. Cewek yang satu ini udah 13 tahun loh menekuni dunia pastry. Bermula dari nilai mata kuliah pastry-nya yang kurang bagus, ia termotivasi untuk berinovasi dalam urusan bikin kue dan aneka camilan.

Lulus dari Perhotelan Universitas Trisakti Jakarta, chef berusia 31 tahun ini memulai karirnya dengan bekerja di Hotel Mulia Jakarta. Namun passionnya enggak sebatas bikin cake atau kue di dapur hotel. Ia justru lebih tertantang saat menciptakan resep baru yang lebih inovatif.

"Awalnya sih sebatas kerja, bikin kue sesuai resep. Dan bagi aku ternyata kurang greget kalau cuma effort-nya segitu aja. Akhirnya aku mulai mengembangkan diri di beberapa tempat. Sempat jadi tim chef di majalah sampai akhirnya aku dipilih jadi inovator di Sriboga Customer Center Bandung," ujar Vidya Listyanova kepada BeritaBaik, Rabu (13/3/2019).

Ia menceritakan, selama 13 tahun ini ia sudah menciptakan ratusan menu kue kering, cake, roti dan sejenisnya di SCC. Bahkan ia juga bagi-bagi ilmunya lewat media sosial Instagram dan Facebook. Setiap hari ia rutin membagikan resep baru, hingga trik dan tip berbisnis di bidang pastry.

Baca Ini Juga Yuk: Mau Usaha Kue? Ini Loh Tip Jitu dari Chef Achen

"Jadi chef pastry itu harus punya kedisiplinan tinggi untuk mengulik resep dari berbagai sisi. Misalnya kayak aku yang sehari-hari bikin pelatihan, harus bisa menginovasi bahan yang bisa menghasilkan kue yang enak dengan bahan baku yang murah," tambahnya.

Meski sudah jadi pakarnya, Vidya mengaku sering juga gagal bikin kue. Bahkan kejadiannya bisa berkali-kali loh. Tapi menurutnya jadi chef kuncinya memang enggak boleh patah semangat.

"Dulu aku tuh bisa trial error bisa berkali-kali. Pokoknya sampai enggak terhitung lagi deh. Seiring waktu dan banyak latihan, risiko gagalnya hanya dua sampai tiga kali sampai akhirnya resep bisa dipublikasikan demo masak dan posting media sosial," katanya.

Menurut Vidya, hal yang paling indah dalam hidupnya ketika ia bisa berbagi ilmu soal pastry dengan banyak orang. Bahkan ia merasa beryukur banget loh, saat resep yang diciptakannya bisa jadi ladang bisnis menguntungkan bagi para startup.

Foto: Dini Yustiani

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler