Nostalgia dengan Makan Es Krim Legendaris Ragusa Jakarta

Bandung - Cuaca terik di Jakarta saat musim kemarau seperti saat ini, paling tepat untuk memakan sesuatu yang menyegarkan. Salah satunya adalah es krim.

Di Jakarta, terdapat sebuah restoran es krim legendaris, bernama Ragusa. Nama Ragusa diambil berdasarkan nama belakang pendiri restauran es krim ini, yakni Luigie Ragusa dan Vicenzo Ragusa. Mereka adalah dua bersaudara berkembangsaan Italia, yang datang ke Indonesia.

Ragusa yang telah berdiri sejak tahun 1932 ini, kemudian dikelola oleh Ragusa bersaudara - Luigie, Vicenzo, Francesco, dan Pascuale. Hingga akhirnya pada tahun1970-an, restauran es krim ini, diambil alih oleh adik ipar Francesco, yakni Buntoro Kurniawan dan Sias Marwani. Karena Ragusa bersaudara harus kembali ke Italia.

Restoran es krim Ragusa terletak di pusat perkotaan, yakni di Jl. Veteran I No. I, Jakarta Pusat. Lokasinya yang strategis menyebabkan Ragusa selalu ramai didatangi oleh para pengunjung, yang berasal dari berbagai usia.

Tidak hanya menawarkan rasa es krim yang otentik, Ragusa juga memiliki desain vintage. Dengan kursi-kursi rotan, meja kayu, serta beberapa foto-foto keadaan restauran ini sejak dahulu hingga sekarang dan foto keluarga Ragusa. Sehingga bisa merasakan, seperti berada di zaman dahulu.

Rasa es krim yang ada di Ragusa, berbeda dengan es krim di tempat-tempat lain. Sejak awal berdiri, tempat ini selalu menyajikan es krim yang lembut, dengan resep rumahan dan tanpa bahan pengawet. "Bahan-bahan yang digunakan dari dulu sampai sekarang masih sama, susu sapi segar sama gula. Dibuatnya juga sendiri," ujar Lita, salah satu pegawai di Ragusa.

Restauran es krim Italia yang sudah ada sebelum kemerdekaan ini, memiliki beberapa pilihan es krim, seperti original, premium, mixed, hingga fancy. Terdapat menu es krim yang menjadi best seller di Ragusa, yaitu Tutti Frutti, Cassata Siciliana, dan Spaghetti Ice Cream. Harga es krim yang ada di Ragusa sangat terjangkau, yakni berkisar dari Rp. 15.000 - Rp. 35.000.

Anto, salah satu pengunjung yang datang bersama anak-anaknya mengatakan, "Saya datang ke sini, karena mau nostalgia waktu masih kecil suka diajak sama orang tua ke Ragusa buat makan es. Saya juga lumayan sering bawa anak-anak ke sini. Sampai saat ini sih, tekstur es krimnya tetep lembut dan anak-anak saya selalu senang kalau diajak ke Ragusa."

Ragusa beroperasional setiap hari, dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. Restauran es krim Itali tertua ini, selalu ramai ketika jam makan siang ataupun saat akhir pekan. 


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler