Kesegaran Es Dawet Mbah Hari yang Melegenda di Pasar Beringharjo

Yogyakarta - Panas terik Kota Yogyakarta wajib dilawan dengan minuman segar khas daerahnya. Di kawasan Malioboro tepatnya di Pasar Beringharjo, ada satu penjual Es Dawet yang enak dan menyegarkan.

Namanya Es Dawet Mbah Hari. Enggak hanya menyegarkan tenggorokan saja, namun es satu ini juga sudah melegenda. Es Dawet Mbah Hari ini sudah ada sejak tahun 1965 loh TemanBaik.

"Mbah jualan waktu masih gadis, sampai sekarang. Dari dulu jualannya di sini (Pasar Berigharjo-red)," ujar Mbah Hari kepada Beritabaik, Minggu (5/8/2019).

Perempuan berusia 70 tahun ini begitu ramah menyapa para pembeli. Sambil melayani, ia tak segan untuk menceritakan kisahnya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembelinya. Mbah Hari berjualan sejak pagi hingga dagangannya habis.

Saat Beritabaik membeli es dawetnya, waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB, dagangan Mbah Hari sudah hampir habis. Beruntung, masih ada semangkuk cendol warna-warni, santan, cairan gula jawa, nangka, dan es batu untuk disantap. Meski tak lengkap karena cincau sebagai salah satu topping khas es dawet saat itu sudah habis. Namun kesegarannya tetap berhasil membuat dahaga hilang. 

Satu mangkuk dijual Rp.5000. Setelah lebih segar usai menyicipi Es Dawet, TemanBaik bisa melanjutkan perjalanan keliling Malioboro. Selamat mencoba!


Foto: Avitia Nurmatari/Beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler