Hadir Sejak 1875, Seruput Segarnya Es Goyobod Khas Garut Ini

Tasikmalaya - Saat cuaca panas, menyeruput es goyobod yang manis dan segar memang paling nampol ya TemanBaik. Nah kalau kamu ada di Bandung, coba deh mampir ke Es Gokil di Jalan Kliningan B-9, kawasan Buahbatu.

Intip kesegaran dari segelas Es Goyobod Kliningan ini. Di dalamnya ada potongan agar-agar aci sagu, kelapa muda, sekoteng, roti tawar dan serutan es batu. Jangan ditanya lagi deh, legit dan dinginnya es tradisional ini mampu meluluhkan dahaga di siang hari. 

Tapi siapa sangka loh meski baru 19 tahun hadir di Bandung, cikal bakal dari Es Gokil sudah dimulai sejak 1875 di daerah Kwitang, Jakarta. Karena terjadi banyak pergolakan di tanah air, sang pendiri Junaedi memutuskan untuk pindah ke Banceuy lalu kembali ke kampung halamannya di Garut. Selanjutnya es legendaris ini dteruskan anaknya Aca.


"Modifikasi es goyobod khas Garut dimulai sekitar tahun 1958 oleh Usep Suryana. Jadi tampilan es goyobod semenjak saat itu hingga sekarang ya menggunakan sekoteng, kelapa dan rori. Ada juga yang menggunakan alpukat," ujar Dadi, salah satu pegawai di Es Gokil kepada BeritaBaik.

Ia bercerita, sensasi dari es goyobod ada pada racikan aci sagu yang dipotong-potong dadu. Biar lebih ciamik, minuman ini diberi santan dan susu untuk mendapatkan rasa milky-nya.

"Memasak aci sagunya harus pas. Lembut dan ada kenyal-kenyalnya. Sekilas sih memang mirip es cendol fapi memang bahannya berbeda," ungkapnya.

Nah kalau TemanBaik mencari genre es gang rasanya klasik, pilih saja Es Gokil yang berada di Kliningan ya. Beli segelas es yang satu ini juga dijamin enggak menguras dompet loh. Cukup siapkan Rp 5.000 saja ya.

Foto: Dini Yustiani
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler