Berburu Soto Lamongan Bertabur Koya Gurih Menggoda di Subang

Subang - TemanBaik yang lagi kangen olahan khas Jawa Timuran, di rest area Cipali ada sajian Soto lamongan yang rasanya autentik loh. Sesuai dengan ciri khas soto Nusantara, kuahnya diperkaya rempah yang harum menggoda selera. Hmm..

Jangan sampai terlewat ya, namanya Rumah Makan Cak Karto yang berlokasi di Rest Area Tol Cipali KM 101 Dawuan, Subang. Enggak asal meracik, sang pemilik Nurdini Prihastiti sengaja berguru resep soto ciamik itu langsung di Lamongan.

Intip ciri khas kuahnya, soto ini dibumbui rempah kuning dengan komposisi sayur dan protein yang melimpah. Diantaranya soun, tauge, potongan, dagi sapi, ayam, telur dan ati ampela. Saat terhidang di meja, TemanBaik pasti enggak sabar buat melahapnya.

"Soto Lamongan Cak Karto ini tampilannya sengaja dibuat autentik dengan ciri khas kuah kental yang berasal dari koya. Banyak yang belum tahu kalau koya asli Lamongan," ujar Nurdini kepada BeritaBaik.

Kamu mau tahu koya terbuat dari apa? Nah Nurdini membocorkan kalau koya itu diracik dari kerupuk udang asli pesisir Jawa Timur. Biar lebih mudah menyatu dengan kuahnya, koya juga harus dihaluskan sampai teksturnya lembut.

"Koya itu biasanya dibuat sebagai taburan di atas soto tapi ini jadi kunci kelezatannya. Kalau koya asli Lamongan biasanya sangat gurih dan bisa membuat kuah soto lebih kental saat menyatu dengan bumbu rempah kunyit, bawang dan daun salam,"ungkapnya.

Sama seperti soto Lamongan di pinggir jalan, RM Cak Karto juga membuat dus pilihan sajian. TemanBaik bisa mdmilih nasi dipisah atau langsung disatukan ke dalam kuah soto. Rasanya, dijamin lebih nampol!

Buat kamu yang melintas di Tol Cipali atau sengaja pengin berburu soto khas Nusantara, yuk mampir di Cak Karto. Untuk menu soto Lamongan, Dipatok Rp 18 ribu sampai Rp 27 ribu per porsi. Ayo buru TemanBaik!


Foto: Dokumentasi Nurdini

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler