Contek Resep Masak Gulai Kambing dari Chef Hotel Bintang 5 Ini

Bandung - Pada 11 Agustus ini, umat muslim merayakan Hari Raya Iduladha. Selepas menjalankan salat ied, biasanya sih dilanjutkan dengan ritual berkurban ya, TemanBaik. Nah, kalau kamu punya jatah daging kambing yang berlimpah, enggak usah bingung untuk mengolahnya.

Executive Chef Intercontinental Bandung Resort Dago Pakar, Mahesa Nugraha membagikan resep Gulai Kambing Khas Jawa nih khusus buat TemanBaik. Ia memaparkan jika di Indonesia memang banyak jenis olahan gulai. Ada yang khas Sumatera, Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Tapi, kali ini Chef Mahesa mau membocorkan resep gulai terlezat yang biasa dimasak di tatar Jawa Barat dan Jawa Tengah. Contek yuk TemanBaik!

Bumbu:

- Bawang Merah 8 siung
- Bawang Putih 3 siung
- Merica setengah sendok teh
- Ketumbar 1 sendok teh disangrai dulu sampai wangi
- Klabet secukupnya
- Kayu manis satu batang
- Jinten secukupnya
- Cengkeh empat biji
- lengkuas dua ruas jari
- Daun salam 3 lembar
- Daun Jeruk 4 lembar
- Santan Encer 
- Santan Kental

Jika bahan-bahan bumbu di atas sudah kamu siapkan, kamu hanya tinggal menyiapkan daging kambing yang belum dicuci. Kata Chef Mahesa sih hal tersebut jadi cara yang ampuh untuk menghilangkan bau prengus dari daging kambing.

"Sebelum direbus, diamkan daging terlebih dulu di atas daun pepaya. Bisa juga menggunakan marinasi puree nanas selama 2 jam sampai tekstur daging empuk, lalu merebusnya sampai matang," papar Chef Mahesa. 

Selanjutnya, bagaimana sih cara pengolahannya? Kamu hanya perlu menumis semua bumbu yang sudah dihaluskan sampai matang dan keluar aroma wanginya. Lalu masukkan rebusan daging kambing sampai mendidih. 

Setelah itu, masukkan santan cair, garam, gula dan penyedap sampai bumbu menyerap sempurna ke dalam daging.

"Yang terakhir tinggal masukkan santan kental untuk menambah tekstur dan cita rasa gurih pada gulai kambing. Gulai pun siap dihidangkan deh," jelasnya. 

Setelah masakan jadi, jangan lupa untuk melahapnya dengan nasi putih serta emping ya, TemanBaik. Gimana? Cukup mudah kan cara membuatnya?

Foto: Dini Yustiani/Beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler