Sambut Hari Kemerdekaan, Chef Ini Bikin Kue Basah Merah Putih

Bandung - Menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke-74, masyarakat Indonesia mengekspresikan kecintaannya dengan banyak hal unik. Seperti yang digagas label bahan kue Rose Brand, tahun ini mereka berbagi resep camilan tradisional asli Indonesia.

Chef Dewi mewakili Rose Brand mengatakan, di negara kita terdapat khasanah camilan tradisional yang kerap disebut kue basah. Dibuat menggunakan bahan baku lokal, Chef Dewi mengangkat tema 'Cita Rasa Kemerdekaan'.

Ada Beberapa kue yang dipamerkan, diantaranya Putri Mandi, Talam Pelangi, Onde Merah Putih, Bolu Kukus dan masih banyak lagi. Enggak cuma menampilkan sisi estetikanya nih TemanBaik, menurut chef cantik ini rasa dari kue juga harus diperhatikan.

"Kue basah adalah warisan kuliner autentik Indonesia yang banyak digemari banyak kalangan. Sesuai dengan akarnya, saya juga memetik resep dan tampilannya sesuai aslinya. Ya sedikit dimodifikasi sedikit, misalnya diberi warna merah putih seperti hari ini," ujar Chef Dewi kepada BeritaBaik, belum lama ini di Bandung.

Baca Ini Juga Yuk: Makan Ayam Krispi Tapi Rasanya Pizza? Coba Saja di Tempat Ini

Menggunakan bahan baku tepung beras, tepung ketan dan santan kental, kue basah khas yang dibuatnya juga harus diperhatikan kebersihannya. Lanjutnya, seperti namanya, ketahanan kue basah memang sebentar loh. Jadi kita wajib perhatikan proses memasaknya.

"Kalau bikin kue basah, biasakan untuk tetap higienis agar kue tak cepat basi. Misalnya untuk santan, terlebih dulu harus dipanaskan. Demikian juga untuk bahan tepungnya, enggak boleh dalam kondisi lembap dan bau apek," ungkapnya.

Gimana sih cara menakar komposisinya? Nah Chef Dewi juga menyebutkan kalau komposisi gula saat membuat adonan juga jangan terlalu berlebihan. Sesuaikan dengan perbandingan jumlah tepung dan santan ya TemanBaik.

"Kebanyakan dari kue basah khas Indonesia itu rasanya manis gurih dari santan dan komposisi gula yang pas, enggak boleh terlalu manis biar rasanya tetap seimbang," jelasnya.

Kue basah ala 'Cita Rasa Kemerdekaan', cocok loh disantap di saat pesta rakyat, berbagai perhelatan bertema tradisional hingga modern. Menurut Dewi, pengananan jenis ini pas dilahap di segala suasana.


Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler