Nikmatnya Nasi Bungkus Daun Jati dan Aneka Lauk di Mang Dul

Cirebon - Kalau TemanBaik jalan-jalan ke Kota Cirebon, jangan lupa untuk mencicipi aneka kulinernya ya. Salah satu kuliner khas Kota Cirebon yang jangan sampai dilewatkan adalah Nasi Jamblang Mang Dul.

Lokasinya berada di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No.8 Pekiringan, Kesambi, Cirebon. Tidak sulit menemukan warung nasi yang satu ini, sebab lokasinya berada di pinggir jalan raya dan berada tidak jauh dari mal Grage.

"Awalnya Mang Dul keliling. Terus (dagang) di sini, waktu itu tahun 1970-an. Mang Dul ada di sini sebelum Grage dibangun," ujar Riyanto salah seorang karyawan Nasi Jamblang Mang Dul kepada BeritaBaik beberapa waktu lalu.

Buat TemanBaik yang belum tahu nih, nasi jamblang adalah nasi putih yang dibungkus dan disajikan dengan daun jati. Nasi jamblang memiliki aroma khas yang berasal dari daun jati yang siap bikin nafsu makan meningkat.

Uniknya, satu porsi nasi jamblang itu hanya sekepal tangan orang dewasa. Jadi buat kamu yang ingin kenyang, bisa memesan 2-3 porsi nasi jamblang.

Jamblang sendiri berasal dari nama sebuah daerah di sebelah barat Kabupaten Cirebon, yang merupakan nama daerah tempat asal pedagang makanan tersebut. Sebagai pelengkap nasi jamblang, tersedia dengan aneka pilihan lauk.

Baca Ini Juga Yuk: Sensasi Makan Steak Bergaya 90-an di Atas Batu Panas

"Menu lauknya banyak, seperti paru, daging, ati, sambel goreng, kentang dan lainnya. Awalnya cuma itu, terus sekarang ada tambahan menu, kayak pepesan dan ayam kampung," jelas Riyanto.

Soal harga, TemanBaik enggak perlu khawatir, karena dijamin enggak bakal bikin kantong kamu bolong. Untuk satu porsi nasi dan lauk kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 11.000 sampai Rp 15.000. Tentunya tergantung apa menu lauk yang dipilih ya.

Wisnu Raditya salah seorang pengunjung asal Bandung mengaku senang karena Nasi Jamblang Mang Dul memiliki cita rasa yang enak dan harga yang terjangkau.

"Sudah dua kali ke Mang Dul, rasanya enak memenuhi ekspektasi makan nasi jamblang. Karena di pinggir jalan besar, kirain susah parkir ternyata ada area parkir khusus. Suasana restorannya enggak terlalu luas tapi cukup nyaman dan harga terjangkau," ungkap Wisnu.

Nasi Jamblang Mang Dul buka setiap hari selama 24 jam. Lokasinya yang strategis juga cocok banget buat para pelancong sebagai pemberhentian pertama.

Foto: Nita Hidayati/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler