Ini 3 Rekomendasi Kuliner Bandung yang Bisa Dipesan di Tahun Baru

Bandung - Sudah punya ide untuk menghabiskan malam pergantian tahun? Selain meniup terompet dan menyalakan kembang api, kamu juga bisa merayakannya dengan ritual makan bersama.

Di Indonesia, tahun baru biasanya diisi dengan beragam kegiatan, seperti 'begadang' atau kumpul-kumpul hingga tengah malam menunggu countdown, ikut car free day dan melihat pertunjukan kembang api, hingga konvoi naik mobil di jalan-jalan utama.

Tapi TemanBaik juga bisa loh memilih merayakan tahun baru di rumah, berkumpul bersama keluarga atau sahabat, sambil menyantap makan malam dan tak lupa mengabadikan momen tersebut di media sosial.

Buat kamu yang ada di Bandung dan berencana pesta kecil di rumah saja, yuk pesan makan lewat aplikasi online. Berikut ini ada ide kuliner dari food vloggers Nex Carlos dan Mgdalenaf yang bisa kamu yang bisa jadi inspirasi menu untuk malam tahun baru kamu.

1. Aneka Nasi
Sebagian besar orang Indonesia belum lengkap rasanya kalau belum makan nasi. Nah, aneka nasi ini bisa jadi salah satu pilihan makanan berat yang praktis dan mengenyangkan. Lauknya pun bisa bermacam-macam, seperti yang dikreasikan tiga merchant ini:

Warung Nasi SPG, Pasundan
Merchant ini terkenal dengan gorengan ayam yang renyah, disantap dengan tumpukan serundeng yang gurih ditambah gorengan tempe atau tahu dan sayur kangkung. Untuk menambah kelezatan, sambal hijau yang langsung dibuat di tempat dijamin akan semakin menambah selera makan kamu saat menyambut momen tahun baru.

Warung Nasi Ibu Imas
Sebagian besar orang menghabiskan momen akhir tahun di Bandung salah satunya karena rindu akan kulinernya yang unik dan nikmat. Warung Nasi Ibu Imas menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dicoba saat ingin merasakan makanan Sunda yang khas. Menu seperti pepes ikan atau ayam, tempe bacem, sayur asem, ditambah dengan sambal petai sangat tepat untuk menemani momen pergantian tahun ataupun liburan akhir tahun.

Nasi Pedas Kang Emen
Bagi yang suka dengan masakan pedas, jangan sampai kelewatan satu menu andalan Nasi Pedas Kang Emen, yaitu 'Nasi Pedas Kang Emen Kumvlitt' yang dipadukan dengan ayam goreng, tumis tempe, pete, dan segarnya aroma jeruk limau. Nah, buat kamu yang ingin coba, pas banget nih sekarang lagi ada Festival Promo MaMiMuMeMo (Makan Minum Murah Menang Mobil-Motor-Mobile Phone) dari GoFood dengan diskon hingga 40 persen.

Baca Ini Juga Yuk: Martabak San Fransisco Lezatnya Bertahan Hingga 51 Tahun

2. Makanan Berkuah
Makanan hangat berkuah sangat cocok untuk menjadi santapan ketika musim hujan, yang membuat hawa di Bandung semakin dingin. Berikut ini pilihan makanan pemberi kehangatan versi Nex Carlos dan Magdalena, yang bisa dipesan untuk menjadi teman menghabiskan malam terakhir di tahun 2019:

Cekeran Midun, Sasak Gantung
Satu lagi kuliner untuk yang suka makanan pedas, 'Cekeran Setan Merapi'. Rasa pedasnya yang mantap sudah bisa terbayang dari nama menu favorit merchant ini. Ada berbagai tingkat kepedasan yang bisa dipilih dan memiliki nama yang unik, seperti Tangkuban Perahu, Kelud, Agung, Merapi, Sinabung, Galunggung dan Krakatau.

Baso Aci Tulang Rangu Bapper, Bojongsoang
Hidangan cireng goreng krispi berkuah kental dengan topping kacang pilus dan bawang goreng dilengkapi sambal khas yang pedas, bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk melawan dinginnya cuaca malam Kota Bandung. Apalagi kalau disantap bersama keluarga dan sahabat terdekat, jadi berasa semakin hangat!

3. Camilan pelengkap
Jika makanan berat dan minuman sudah ada, lebih seru lagi tentunya kalau ada cemilan manis atau dessert, salah satunya martabak. Martabak memang masih jadi andalan para pecinta kuliner dimanapun, termasuk di Bandung.

Di sepanjang tahun 2019 ada lebih dari 19 juta porsi martabak yang dipesan lewat aplikasi GoFood, jika ditumpuk tingginya akan mencapai 570 meter atau 11 kali lebih tinggi dari Monumen Bandung Lautan Api. Tiga rekomendasi camilan ini juga bisa jadi ide ketika tidak ingin bertamu dengan tangan kosong saat datang ke rumah kerabat.

Martabak Nikmat Andir
Martabak memang selalu pas dalam kondisi apapun. Di Martabak Nikmat Andir kamu bisa pilih topping mulai dari yang tradisional, seperti cokelat, keju, pisang, hingga cita rasa modern, seperti red velvet, peppermint, dan green tea.

Bandros Cowboy
Kue rakyat dari Jawa Barat ini kini semakin menarik karena seperti martabak, mulai memiliki varian cita rasa modern dengan topping yang beragam, seperti salah satunya bandros 'Cokelat Nutella' yang jadi bestseller dari merchant ini. Untuk yang suka mengeksplorasi rasa baru, terdapat juga pilihan bandros 'Tobreron' hingga bandros 'Oreo Keju Susu'.

Kue Balok Brownies Mahkota, Cihapit
Sekilas terlihat seperti brownies, dalam kue ini ada cokelat lumer yang meleleh ketika digigit, sehingga disebut-sebut sebagai kue yang meleleh di mulut, meleleh di hati. Saat dibuat, adonan kue dimasukan ke cetakan yang ditutup kotak dan dibakar diatas arang selama beberapa menit. Waktunya pembuatannya pun harus tepat, agar cokelat di dalam kue meleleh dan membuat kue ini setengah matang, yang memang menjadi ciri khasnya.

Sudah kebayang mau coba makanan dan minuman apa saja sambil menunggu momen pergantian tahun? Kalau masih penasaran, kamu juga bisa langsung cek di aplikasi GoFood dan klik banner #PetualanganKuliner. Di sana ada menu-menu rekomendasi di Bandung dan berbagai kota yang sudah dikurasi untuk memberikan pengalaman kuliner terbaik buat kamu dan orang-orang tersayang.


Foto: dok. GoFood

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler