Mi Gomak, Spageti ala Danau Toba

Porsea - TemanBaik, tahu enggak di Danau Toba terdapat aneka kuliner yang akan memanjakan lidah kamu? Salah satunya adalah Mi (mie) gomak. Singkatnya, mie gomak ini ibarat spageti ala Danau Toba. Ada juga yang menyebutnya sebagai spageti Batak.

Dilansir di laman Indonesia.go.id, mie gomak ini punya cita rasa yang unik dan khas banget. Mie ini berukuran lebih besar dari mie pada umumnya. Teksturnya lembut dan kenyal, tapi enggak gampang patah saat dimasak. Dalam kondisi masih mentah, bentuknya mirip lidi yang tegak dan lurus.

Keistimewaan dan keunikan mie gomak adalah tentu pada rasanya. Perpaduan pedas bercampur antara cabai, bawang, dan andaliman (merica khas Toba yang hanya tumbuh di Sumatera Utara). Disebut mie gomak karena dalam proses penyajiannya menggunakan tangan atau dalam bahasa setempat disebut gomak.

Tapi, sekarang mayoritas penyajian mi gomak sudah menggunakan sendok dan garpu. Meski begitu, ada juga yang tetap menggunakan tangan, tapi sudah memakai sarung tangan plastik agar higinienitasnya terjaga.

Mie Gomak biasanya disajikan dalam dua bentuk, yakni mi gomak goreng atau mi gomak kuah. Tapi, beberapa sajian kuliner lain juga kerap memakai mi gomak ini loh sebagai menu campuran, misalnya dipadukan dengan gado-gado, atau sebagai bahan tambahan untuk Lontong Medan.

Baca ini Juga Yuk: Pertunjukan Okokan Kolosal Buka Festival Kuliner di Tabanan

Mie gomak ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan pagi di daerah-daerah tepian Danau Toba, mulai dari daerah Porsea, Laguboti, Balige, Tarutung, hingga ke Tapanuli Selatan. Bahkan, di Kota Medan dan Deli Serdang kini cukup mudah menemukan menu sarapan pagi mie gomak di sejumlah warung makan. Namun, mie gomak paling nikmat dan khas itu hanya ada di pasar tradisional Kota Porsea, Sumatera Utara.

Biasanya, mie gomak disajikan juga dengan gorengan, seperti ubi goreng, goreng pisang, godok-godok, tempe goreng dan tahu goreng, serta telur rebus (telur bebek atau telur ayam). Gorengan itu bisa dicampur dengan mie gomak untuk dinikmati. Cukup dengan Rp5 ribu hingga Rp7 ribu, kamu sudah bisa puas dan kenyang makan.

Orang-orang dari Sumatera Utara yang kemudian tinggal di tanah rantau, pada umumnya punya kenangan kuat tentang mie gomak. Semasa sekolah, mulai dari taman kanak-kanak hingga setingkat menengah atas, salah satu jajanan anak-anak yang dijual di kantin sekolah adalah mie gomak. Dengan uang di saku seadanya, pelajar bisa menikmati mi gomak.

Saking populernya mie gomak, kuliner ini juga kerap hadir dalam berbagai acara. Mulai dari hajatan nikah, arisan, acara keluarga, hingga partangiangan (kegiatan doa) komunitas. TemanBaik mulai tertarik mencoba mie gomak? Siapkan waktu dan uang deh buat berlibur dan menikmati langsung sajian mi gomak dari tempat asalnya.

Foto: dok. Indonesia.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler