'Durian Gundul' Asli Lombok, Satu-satunya di Dunia

Lombok - TemanBaik, selain cita rasanya, durian dikenal karena kulitnya yang memiliki banyak duri. Namun, di Lombok ada durian yang tak memiliki duri loh. Kok bisa, ya?

Situs resmi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menulis, durian ini ditemukan di wilayah Kecamatan Narmada, Lombok Barat, tepatnya di kawasan lindung Gunung Rinjani, Desa Batu Mekar. Meski baru terkenal dalam waktu belakangan ini, nampaknya keberadaan 'durian gundul' baru diketahui Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Nusa Tenggara Barat pada awal 2007.

Membahas tentang anatominya, durian gundul sekilas nampak seperti tempurung kelapa. Buah ini berukuran sebesar melon dengan berat  800 hingga 900 gram. Bila sudah matang, buah ini akan mengeluarkan aroma khas durian berduri. Selain itu, durian gundul disebut-sebut punya rasa manis dan kandungan gula 14 hingga 15 derajat brix.

Ketebalan daging buah durian gundul berkisar 0,5 cm, sama seperti daging buah durian lokal pada umumnya. Daging buahnya berwarna kuning terang dengan produktifitas dapat mencapai 200 hingga 400 kilogram per pohonnya dalam setahun. Tanaman ini juga mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai sedang. Durian gundul bisa tumbuh di lahan dengan ketinggian 250 hingga 700 meter di atas permukaan laut.


Baca Ini Juga Yuk: Nasi Grombyang yang Siap Bikin Lidah Bergoyang

Satu-satunya di Dunia

Kisah penemuan durian gundul ini berawal dari penemuan durian gundul yang dilaporkan oleh Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) NTB kepada peneliti di PT Mekar Unggul Sari, Cileungsi, Bogor. 

Setelah itu, salah satu peneliti dari PT. Mekar Unggul Sari, M. Reza Tirtawinata terbang ke Lombok untuk mencari tahu asal muasal buah yang pada awal penemuannya dianggap menyerupai buah sawo itu.

Setelah tiba di Lombok, akhirnya Reza bersama tim peneliti menemukan pohon tersebut di Kawasan Lindung Gunung Rinjani, Lombok. Pohon durian itu diprediksi berusia tak lebih dari 15 tahun saat ditemukan.

Secara umum, pohon durian gundul memiliki anatomi tubuh yang sama dengan pohon durian pada umumnya. Hanya saja, bentuk buahnya benar-benar bulat tanpa duri.

"Buah ini satu-satunya di dunia. Cuma bisa ditemukan di hutan di kawasan lindung Gunung Rinjani. Dari puluhan ribu pohon durian di Indonesia yang saya datangi, ya baru kali itu saya menemukan yang kulitnya tanpa duri," ungkap Reza dalam situs resmi Pemkab Lombok Barat.

Kendati unik dan sering disebut bukan durian biasa, Reza memastikan bahwa durian gundul bukanlah tanaman durian yang terserang penyakit. Tanaman ini disebut mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di kulitnya tidak ada.

Lebih lanjut, saat ini Taman Wisata Mekarsari di Bogor kemudian berupaya membudidayakan tanaman durian gundul. Tanaman langka itu diperbanyak melalui proses vegetasi, yakni grafting dan okulasi. Hingga saat ini, jumlah tanaman durian gundul di Taman Wisata Mekarsari tersisa 3 pohon saja. Selain itu, buah ini juga telah didaftarkan sebagai varietas unggul nasional dengan nama durian si gundul.

Wah, menarik ya TemanBaik? Adakah di antara kamu yang pernah mencicip kenikmatan durian si gundul?

Foto: dok. Pribadi Reza Tirtawinata


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler