Menikmati Suasana Tradisional Ala Jepang di Kyomi Space

Bandung - TemanBaik, terbayang tidak bagaimana suasana rumah tradisional di negeri matahari terbit? Rumah kecil dengan konsep sederhana tapi bisa menyejukkan orang di dalamnya. Kalau belum berkesempatan ke Jepang, kamu bisa merasakan sensasi rumah tradisional Jepang ini di Bandung loh!

Kyomi Space, adalah sebuah kafe yang terletak di Jalan Dago No. 420, Kota Bandung. Begitu sampai, kita sudah disambut dengan nuansa rumah tradisional ala Jepang yang sederhana. 

Beritabaik.id berkesempatan untuk langsung mengunjungi Kyomi Space dan berbincang dengan Muhammad Afif Abdulloh. Pemilik Kyomi Space yang akrab disapa Afif.


Kyomi Space didirikan Afif baru setahun belakangan, tepatnya sekitar bulan Agustus 2019. Awalnya, Afif yang mempunyai latar belakang desain saat kuliah mempunyai cita-cita ingin memiliki studio seninya sendiri. 

"Kalau bikin studio kan mengandalkan proyek segala macam. Akhirnya biar mudah dan lebih cepat, aku bikin bisnis f&b (food and beverage) dulu aja deh. Jadi di balik, bikin kafe dulu baru studio," jelas Afif.

Saat ditanya mengapa memutuskan untuk memilih nuansa Jepang untuk bisnisnya ini, Afif mengaku banyak aspek yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah struktur bangunan Kyomi Space yang memang sejak awal sudah sesuai dengan nuansa Jepang. 

"Tapi karena aku main musik juga kali ya. Terus pas lagi ngebangun Kyomi aku lagi senang dengar lagu Jepang. Jadi terpengaruh," tambah Afif.

Selain itu, Afif juga ingin memberikan pilihan suasana baru bagi para penikmat kopi di kota kembang. Kebanyakan tempat bersantai di Bandung menawarkan nuansa minimalis dan modern. Sedangkan di Kyomi Scape, Afif ingin memberikan nuansa lain yang sederhana, otentik, dan juga tradisional ala Jepang. 

"Kyomi memang sengaja dibuat sederhana. Harapannya bisa lebih dekat juga dengan konsumen. Kita di sini benar-benar santai," ujar Afif. 



Baca Ini Juga Yuk: Menghasilkan Uang lewat Hobi Memasak dan Memasarkannya

Selain bernuansa tradisional ala Jepang, hal lain yang menjadi ciri khas dari tempat 'nongkrong' yang buka setiap hari mulai pukul 13.00 hingga 21.00 ini adalah identik dengan memanfaatkan bunga. Entah menjadi hiasan meja, hingga menjadi bagian dari resep menunya.

Sebenarnya, nama Kyomi pun tercetus karena kegemaran Afif terhadap bunga.  Kegemarannya ini yang mendorongnya untuk menghasilkan sesuatu yang melibatkan bunga. 

"Nama 'Kyomi' tuh karena mau buat kafe namanya bunga pake bahasa Jepang. Pas cari di google translate bunga dalam bahasa Jepang keluarnya 'Kyomi'," ujar Afif.

Dua bulan sejak memakai nama Kyomi untuk kafenya, Afif baru mengetahui jika arti Kyomi yang sebenarnya bukanlah bunga melainkan 'hobi'. Walau begitu, Afif merasa arti nama tersebut justru lebih bermakna. Dari nama tersebut, ia ingin Kyomi bukan hanya sekadar selera tapi juga mimpi yang berawal dari kegemaran.

Beberapa menu yang ditawarkan Kyomi Space juga memakai bunga sebagai salah satu bahannya. Seperti minuman segar yang diberi nama 'White Grape Flower Ice' dan kue cantik dengan hiasan bunga yang bisa dimakan dengan nama 'Cookies Edible Flower'. 

Namun saat ini, 'Cookies Edible Flower' belum dijual untuk umum, TemanBaik. Kue cantik ini menjadi bonus untuk kamu yang memesan minuman hangat. Tentu saja spesial untuk dia yang tercepat karena persediaannya yang masih terbatas.

Diakui oleh Afif, saat ini Kyomi Space masih terus bereksplorasi untuk menciptakan menu-menu baru yang melibatkan bunga di dalamnya. Bahkan, rencana kedepannya akan ada kopi dan teh dengan taburan bunga. 

Masih bicara soal bunga, Afif berharap kedepannya Kyomi Space bisa memiliki kebun bunga sendiri. Agar nantinya bunga yang digunakan baik untuk olahan makanan atau hiasan meja bisa diambil dari kebunnya pribadi. 

"Jadi semuanya muter aja di Kyomi. Bunganya dari kebun sini, buat dimanfaatkan di sini juga. Kayaknya lucu sih kalau bisa kayak gitu," tutur Afif. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati cemilan lain seperti aneka kopi, teh, dimsum, hingga makanan berat seperti mentai dan pizza.

Nah, TemanBaik, kamu ingin menikmati suasana tradisional ala Jepang ditemani udara sejuk di Dago? Atau penasaran bagaimana ya rasa menu olahan bunga? Sekarang, Kyomi Space bisa jadi salah satu alternatif tempat 'nongkrong' kamu nih. Kamu juga bisa intip dahulu akun Instagram mereka di @kyomispace ya!

Foto: Irsya Kireina/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler