Jangan Lupakan Rempah Ini Saat Membuat Menu Olahan Daging

Bandung - TemanBaik, dalam suasana jelang hari raya Iduladha seperti ini tentu menu masakan kita identik dengan daging. Karena sudah sepatutnya setiap umat muslim yang mampu, turut berkurban dengan menyembelih hewan seperti kambing, sapi, atau kerbau. 

Jika bicara soal daging, tentu tak lepas dari berbagai menu olahannya yang sangat menggiurkan. Namun ternyata, ada loh rempah khas Indonesia yang wajib kamu siapkan saat hendak mengolah masakan berbahan utama daging.

Kali ini, Beritabaik.id berbincang dengan salah satu koki kebanggaan Indonesia yaitu Ben Imantaka. Sebagai koki, Ben aktif mengisi berbagai acara masak di beberapa stasiun TV di Indonesia. Selain itu, Ben juga aktif membuat konten di media sosial pribadinya yang tentu berhubungan dengan makanan. 

Sebelum bicara soal rempah sebagai bumbunya. Tak lengkap rasanya jika kita tidak bicara soal resep masakan terlebih dahulu. Biasanya menu yang tersedia saat hari raya Iduladha tiba tidak jauh dari sate, gulai, hingga tongseng. Namun kali ini, Koki Ben ingin memberikan rekomendasi menu lain yang menarik untuk TemanBaik coba. Yuk, kita simak!

Sapi Kuah Asam Pedas
Menu pertama ini berupa daging sapi yang diolah dengan kuah yang ditambahkan bahan yang dapat memberikan rasa asam, seperti belimbing wuluh, dan asam jawa. Selain itu, daun kemangi pun bisa ditambahkan agar menambah harum yang menggugah selera. 

Koki Ben juga memberikan rekomendasi bagian tubuh sapi yang pas diolah untuk menu ini, yaitu bagian sengkel. Sengkel merupakan bagian paha sapi yang memiliki banyak otot pada dagingnya. 

"Ini rasanya nanti asam pedas gitu. Jadi segar," ujar Ben. 


                                                                                       Foto: dok. Pribadi/Ben Imantaka

Baca Ini Juga Yuk:
 Ini Rekomendasi Menu Plant Based untuk Kamu Coba di Rumah

Sop Buntut atau Sop Iga
Mungkin menu ini tak asing untuk TemanBaik. Namun jarang bukan jika dijadikan hidangan saat hari raya Iduladha? Bagian buntut atau iga sapi direbus hingga mengeluarkan kaldu alaminya. Lalu diberikan bumbu pelengkap yang menunjang cita rasa sop ini.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel, tomat, bahkan kentang, TemanBaik. Saat mau disajikan, jangan lupa tambahkan sambal dan perasan air jeruk nipis sesuai selera ya!

Nasi Kebuli
Kapan lagi suasana Iduladha menghadirkan menu khas Timur Tengah? Menarik sekali bukan? 

"Daging kambing diolah jadi pelengkap nasi kebuli itu bisa banget. Biar ada nuansa baru," tambah Ben.

Nasi kebuli kambing ini juga khas dengan aroma rempah-rempahnya, seperti cengkeh, ketumbar, kayu manis, dan sebagainya. 

Empal Gepuk
Daging yang diiris dan sedikit dipukul hingga tipis dan empuk adalah ciri khas dari empal gepuk. Makanan berbahan dasar daging ini nantinya mengandung cita rasa yang cenderung manis. Dengan tambahan taburan bawang goreng diatasnya, tentu sangat menggugah selera!

Tapi TemanBaik, ternyata apapun menu makanan olahan daging yang kamu buat, ada loh bumbu rempah khas Indonesia yang enggak boleh kamu lewatkan. Apa saja ya?

Pertama, adalah ketumbar. Menurut Koki Ben, jika menambahkan ketumbar dalam menu olahan daging, maka akan membuat rasa daging menjadi lebih kuat dan tentu mengurangi bau amis.

"Masukan ketumbar menjadi bagian dari bumbu-bumbu halus yang lain. Hampir semua masakan yang menggunakan daging pakai ketumbar, karena bisa membuat daging lebih gurih juga," ujar Ben. 

Kedua, daun jeruk dan daun salam. Kedua bahan ini sangat berguna untuk menghilangkan bau amis. Koki Ben menambahkan, daun jeruk dan daun salam dapat dimasukan ketika merebus daging. 

Ketiga, lengkuas. Selain juga dapat menghilangkan bau amis, lengkuas dapat menjadi penguat aroma makanan dan menambah rasa. Biasanya penggunaan lengkuas ini ditumbuk sedikit lalu dimasak bersama bumbu pendukung lainnya. 

Selain rekomendasi menu olahan makanan serta bumbu rempah yang tak boleh terlewatkan, Koki Ben juga mengingatkan TemanBaik untuk mengkonsumsi sayur dan minum air hangat untuk menetralisir lemak kolesterol.

Jadi, TemanBaik, apa menu olahan daging yang akan terhidang di meja makan mu pada Iduladha tahun ini? Agar didukung dengan rasa yang nikmat, jangan lewatkan rempah-rempah wajibnya ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Haryo Setyadi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler