Sate Bulayak, Kuliner Lezat Khas Lombok yang Wajib Dicoba

Lombok - TemanBaik, jika kamu berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), ada santapan yang wajib kamu coba. Namanya 'sate bulayak'.

Apa sih istimewanya sate ini? Yang paling utama, tentu makanan ini khas banget dari daerah setempat.

Dilansir di laman Indonesia.go.id, sate ini berasal dari bahan baku berupa daging sapi atau jeroan sapi. Secara umum, sate ini mirip dengan tampilan sate lain pada umumnya. Sisi uniknya, sate bulayak terletak pada penyajiannya. Sate ini disajikan dengan menggunakan bulayak yang berarti lontong. Inilah kenapa sate ini disebut sate bulayak.

Lontongnya sendiri istimewa loh. Sebab, lontong ini dibungkus dengan lilitan daun kelapa, aren, atau sagu, kemudian diikat dengan tali dari irisan bambu. Sedangkan lontong lain pada umumnya dibungkus menggunakan daun pisang.

Bulayak sendiri berukuran lebih kecil dibanding lontong pada umumnya, namun lebih panjang. Tekstur bulayak ini terasa lembut, namun berpadu dengan aroma khas daun aren atau daun kelapa. Unik banget deh rasa dan aromanya!

Baca Ini Juga Yuk: Urban Ninja Hadirkan Menu Japanese Fusion dengan Harga Terjangkau

Untuk bumbu, sate bulayak ini disajikan dengan bumbu kacang. Namun, sebelum kacang sebagai bahan bakunya ditumbuk, lebih dulu disangrai. Setelah itu, kacang akan dihaluskan dan digoreng bersama bumbu lainnya, seperti ketumbar, jintan, bawang merah dan putih, lengkuas, terasi, serta cabai.

Bumbu-bumbu ini kemudian akan direbus bersama dengan santan hingga mengental. Paduan bumbu-bumbu ini menghasilkan warna kucing pucat kemerahan dan menghasilkan rasa pedas. Jika ditambah irisan cabai rawit dan perasan jeruk, makin nendang deh rasanya.

Untuk dagingnya, sebelum dibakar, akan direbus dulu agar cepat matang. Setelah siap dibakar, daging akan lebih dulu dilumuri bumbu penyedap khas suku Sasak, yaitu santan, potongan cabai, serta buah asam Sumbawa.

Soal harga, sate bulayak ini terjangkau banget loh, TemanBaik. Seporsi sate dan bulayak dijual di kisaran Rp10-15 ribu. Sate ini bisa kamu temukan di berbagai titik di Lombok, terutama di obyek-obyek wisata. Jangan lupa coba sate bulayak jika mampir ke Lombok, ya!

Foto: istimewa (Indonesia.go.id)
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler