Mau Bikin Masakan Korea? Ini Bumbu Dasar yang Perlu Kamu Tahu

Bandung - TemanBaik, segala sesuatu yang berkaitan dengan Korea masih hits banget di Indonesia saat ini. Selain drama Korea, yang kini sedang digemari tentu adalah makanan khas Korea. Banyak banget deh tempat yang menjual makanan khas Korea. Di daerah kamu juga ada, kan?

Asyik banget kan makan makanan Korea? Apalagi jika kamu makan dengan orang yang satu frekuensi alias sama-sama gemar masakan Korea. Makan pun bisa bertambah seru.

Apa aja sih masakan Korea yang lagi digandrungi banyak orang di Indonesia? Banyak banget deh, mulai dari kimchi, bibimbap, bulgogi, tteokbokki, samgyetang, hingga jajangmyeon. Di luar itu, masih banyak lagi loh yang hits.

Nah, karena dalam suasana pandemi COVID-19, tentu ada pertimbangan yang harus dilakukan jika ingin icip-icip makanan Korea di kafe, restoran, atau tempat lainnya. Selain menghindari potensi penularan COVID-19, makan di tempat yang menjual makanan Korea tentu butuh kocek lebih dalam.

Memang ada banyak yang menawarkan makanan Korea dengan harga terjangkau. Namun, tentu ada juga yang harganya enggak ramah di kantong. Salah satu solusinya adalah membuat sendiri masakan ala Korea di rumah.

Baca Ini Juga Yuk: Kombinasi Unik Pecel Rawon Khas Banyuwangi

Menurut Executive Chef Harris Hotel Festival Citylink Ansori, masakan Korea itu tergolong mudah dibuat, kok. Bahkan, menurutnya cara memasak dan bumbunya juga terbilang sederhana.

"Sebenarnya sih masakan Korea kalau dibandingin masakan lain, masakan Korea lebih simpel," ujar Ansori.

Jika ingin membuat masakan Korea, kata kuncinya adalah kamu mesti tahu bumbu dasar. Bumbu dasar itulah yang kemudian kamu 'mainkan' untuk mengolah aneka masakan Korea.

"Masakan Korea itu lebih simpel karena tinggal main di bumbu dasar. Jadi, kita harus tahu dulu dasa bumbunya apa sih masakan Korea itu," jelas Ansori.

Beberapa bumbu dasar itu adalah pasta cabai (gochujang), bubuk cabai (gochugaru), saus pedas (ssamjang), pasta kedalai (doenjang), pasta kedelai hitam (chunjang). Hal yang enggak kalah penting dari bahan dasar masakan adalah bawang putih.

Bahan-bahan yang bisa didapatkan di supermarket di atas bisa kamu olah sedemikian rupa untuk menghadirkan sensasi rasa yang Korea banget. Soal menu, banyak banget deh bertebaran yang bisa kamu cari, baik melalui mesin pencari seperti Google hingga aplikasi resep memasak.

Hal yang terpenting, bumbu-bumbu dasar itu kamu siapkan di dapur. Jadi, ketika kamu ingin masak masakan Korea, kamu tinggal menggunakannya. Sebab, aneka bumbu dasar di atas bisa dipakai untuk aneka masakan Korea. Kamu tinggal beli bahan-bahan lain yang diperlukan sesuai dengan masakan yang ingin dibuat.

Karena masakan Korea identik banget dengan rasa pedas, ada salah satu bahan yang tergolong wajib, yaitu gochujang alias pasta cabai. Bisa sih sebenarnya diganti bahan lain seperti bubuk cabai saja, tapi menurutnya bakal ada 'feel' yang hilang.

"Itu tadi (bumbu paling wajibnya), gochujang. Bisa diganti pakai chili powder sebenarnya, bisa diakalin. Cuma kalau kita enggak pakai gochujang, khas aroma Koreanya enggak ada. Kalau rasa, sama aja, cuma aroma masakan Koreanya hilang kalau enggak pakai gochujang," tutur Ansori.

TemanBaik, mulai tertarik buat bikin masakan Korea di rumah?

Foto: id.wikimedia.com/attribution-Popo Le Chien
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler