Mengenal Teppanyaki, Teknik Memasak Penuh Atraksi Khas Jepang

Bandung - TemanBaik pernah mendengar soal Teppanyaki? Sepertinya jika mendengar istilah ini benak kita tidak jauh dari hidangan khas Jepang yang disajikan dengan teknik panggang. Tapi TemanBaik tahu enggak cerita awal dari teppanyaki? Kalau belum, yuk kita cari tahu!

Istilah Teppanyaki sendiri berasal dari bahasa Jepang yaitu teppan yang berarti piring besi dan yaki yang berarti dipanggang. Dalam hal ini, teppan dapat diartikan sebagai alat panggang besar berupa besi dengan permukaan datar yang bisa membuat koki leluasa memasak di atasnya. 

"Teppanyaki ini awalnya yang memperkenalkan Fijioka, bisa dibilang founder-nya," ujar Chef Galan Sagewa, Japanese chef The Restaurant di The Trans Luxury Hotel.


Gaya memasak Teppanyaki  juga dapat disebut sebagai cara atau teknik memasak yang digunakan oleh koki Jepang untuk beratraksi menunjukkan berbagai kemampuan memasak yang mereka miliki. 

Tidak hanya sekadar memasak, biasanya para koki menunjukkan keahlian mereka seperti membuat gunung vulcano, menulis nama atau membuat gambar dari pecahan telur, beraktrasi dengan alat masak mereka, dan masih banyak lagi.

Baca Ini Juga Yuk: 'Keliling Dunia' Lewat Ragam Sajian di The Trans Luxury Hotel

Biasanya para tamu yang hendak menikmati hidangan bisa melihat secara langsung proses pembuatan Teppanyaki. Bahkan umumnya kursi tamu sengaja dijajarkan di sekeliling alat masak Teppanyaki agar bukan hanya dapat melihat berbagai atraksi masak dari chef lebih dekat, tapi hidangan pun dapat langsung disantap dalam keadaan panas. 

"Justru atraksi memasak dari japanese chef nya ini yang menarik perhatian dan uniknya dari Teppanyaki," ujar Galan.

Galan menambahkan, sebenarnya Teppanyaki sendiri lebih identik dengan teknik masak yang digunakan, bukan hidangannya. Jadi, selama hidangan tersebut dimasak pada alat panggang Teppanyaki maka ia bisa disebut Teppanyaki.

"Jadi bisa daging, ayam, sayuran, ebi, yakitori, atau bisa juga nasi goreng teppanyaki," tambah Galan.


Bicara soal bumbu yang identik dengan masakan Jepang, menurut Galan salah satu bumbu yang akan selalu ada adalah kecap asin. Baik dalam hidangan manis ataupun asin, kecap asin selalu menjadi salah satu bahan yang tidak dapat ditinggalkan. Tentu termasuk dalam berbagai sajian Teppanyaki ini, TemanBaik.

Wah, ternyata ada cerita dibalik Teppanyaki ya, TemanBaik. Sekarang saat menyantap Teppanyaki kita jadi lebih tahu deh soal asal mulanya, jadi tidak sekadar makan. Nah, menu Teppanyaki mana yang paling kamu gemari, TemanBaik?

Foto: Ridzky Rangga Pradana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler