Begini Cara Bikin Croffle Sendiri, Jajanan Korea yang Lagi Hit

Bandung - TemanBaik, tren makanan Korea Selatan tengah banyak digandrungi di Indonesia. Salah satu yang sedang nge-hits adalah croffle. Ada yang belum tahu dengan jajanan ini?

Croffle merupakan makanan yang unik. Croffle sendiri adalah perpaduan antara croisant dan waffle. Singkatnya, bahan yang digunakan untuk membuat croffle ini adalah adonan untuk croisant. Namun, adonan ini dicetak dan dimasak menggunakan alat pembuat waffle.

Teksturnya unik banget, terutama jika disantap saat masih hangat. Bagian luarnya garing, sedangkan bagian dalamnya masih terasa lembut dan empuk. Untuk menambah cita rasanya, biasanya sajian croffle akan disertakan 'teman', mulai dari cokelat, buah-buahan, serta saus yang manis dan menyegarkan.

Ada juga yang menyajikan langsung dengan isian saus atau semacam pasta di dalamnya. Sehingga, ketika digigit, akan ada bagian yang 'kriuk', lembut, dan tentunya rasa dari isian di dalamnya. Namun, mau 'temannya' disajikan terpisah atau di dalam, makanan ini tetap unik dan menarik dinikmati.
Di berbagai daerah di Indonesia, croffle ini sudah banyak dijual. Sehingga, tinggal cari-cari informasi deh jika ingin menikmati jajanan yang ngehits ini, terutama di kalangan pecinta musik dan drama Korea Selatan.

Varian dan harganya pun beragam. Ada yang dari kelas kaki lima hingga bintang lima. Nah, mau mencicipi yang mana? Terserah selera dan uang yang mau kamu keluarkan ya, TemanBaik.

Di Bandung, salah satu tempat yang menghadirkan croffle ini adalah Harris Cafe yang berada di Harris Hotel Festival Citylink. Sajian croffle-nya terlihat simpel, tapi menggugah selera.

Croffle ini disajikan bersama potongan mangga dan strawberry segar. Untuk menambah keunikan rasanya, ada semacam saus kental yang memadukan rasa creamy dan blueberry.

Cara makannya tergantung selera. Kamu bisa menuangkan saus di atas croffle atau memotong dan mencelupkannya ke dalam saus sebelum dimakan. Ditambah dengan potongan buah-buahan segar, rasanya jadi perpaduan sempurna.

Sebab, croffle-nya sendiri dominan dengan rasa manis. Apalagi, ada taburan gula di bagian atasnya. Sedangkan sausnya terasa creamy, buah mangganya manis, dan ada sedikit rasa asam dari strawberry.

Menurut Chef de Cuisine Harris Cafe Ansori, cara pembuatan croffle sebenarnya sangat simpel. Pada dasarnya, adonan yang dipakai adalah adonan croisant. Resepnya bisa kamu cari sendiri deh jika ingin membuatnya.

Adonan ini kemudian dipanggang menggunakan memakai mesin pembuat waffle. Tinggal tunggu deh croffle-mu jadi.

"Itu paling hanya butuh waktu 2-3 menit. Tapi, sebenarnya kalau pengin lebih crunchy banget, bisa ditambah waktunya," ungkapnya.

Untuk saus seperti yang dibuatnya, Ansori mengatakan hanya memadukan tiga bahan, yakni cream cheese, buah blueberry, dan keju. "Itu aja bahannya, diaduk-aduk aja, di-blend," ucap Ansori.

Tertarik untuk mencoba bikin sendiri jajanan yang lagi ngehits ini? Jika enggak mau ribet atau tak punya mesin pembuat waffle, membeli yang sudah jadi bisa jadi solusi.

Foto: Oris Riswan Budiawan/beritabaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler