Judas Priest, Raksasa Heavy Metal yang Berkiprah 49 Tahun

Bandung - Judas Priest merupakan pelopor genre heavy metal di dunia. Band yang kini beranggotakan Rob Halford (vokal), Glenn Tipton (gitar), Richie Faulkner (gitar), Ian Hill (bass) dan Scott Travis (drum) ini dianggap sebagai band yang paling berpengaruh terhadap evolusi genre speed dan trash metal pada tahun 80-an.

Band yang berdiri tahun 1969 ini dibentuk oleh vokalisnya terdahulu, bermula dari Al Atkins yang mengajak K.K Downing dan Ian Hill untuk membentuk sebuah band. Downing dan Ian Hill rupanya teman satu sekolah dan rumah keduanya pun berdekatan di kota West Bromwich, Inggris. Ketiga nama ini lah yang menjadi formasi awal Judas Priest.

Nama Judast Priest sendiri diambil dari lagu milik Bob Dylan yang berjudul ‘The Balada Frankie Lee dan Judas Priest’ dari album ‘John Wesley Harding’. Pada tahun 1972, Rob Halford dan John Hinch bergabung untuk menggantikan Atkins dan Partridge, dan gitaris kedua, Glenn Tipton, juga ditambahkan dalam line-up pada tahun 1974 sebagai kompensasi atas usulan perusahaan rekaman mereka, Gull Records untuk menambahkan horn section untuk album pertama, ‘Rocka Rolla’.

Sejak tahun 1974 sampai 1990, formasi Rob Halford, K.K Downing, Glenn Tipton, dan Ian Hill telah merekam 14 album dari tahun 1974 hingga 1990. Album kedua Judas Priest yang bertitel ‘Sad Wing Of Destiny (1976)’ dianggap sebagai salah satu album metal paling dahsyat bersamaan dengan album milik Black Sabbath.

Baca juga: Ujungberung Rebels dan Band Metal Ternama di Indonesia

Judas Priest terkenal sebagai band yang sering bongkar pasang drummer. Pada 1980, Dave Holland bergabung sampai tahun 1988, era album ‘Ram It Down (1986)’ dan ketika tahun 1990 Scott Travis mulai bergabung dengan Judas Priest saat sedang rekaman album ‘Pain Killer’.

Pada tahun 2003, line-up Judas Priest tahun 1990 terbentuk lagi, ketika Rob Halford menyatakan untuk kembali ke grup dan bergabung lagi bersama Judast Priest. Setelah itu mereka merilis album ‘Metalogy’ pada tahun 2004.

Tahun ini, Judas Priest merilis album bertajuk ‘Firepower’ yang memuat 14 lagu dan merupakan lanjutan dari album terakhir mereka, ‘Redeemer of Souls’ yang pernah dirilis empat tahun silam.

Kini band yang telah berusia 49 tahun ini telah memiliki 18 album studio. Usia seakan tidak menjadi sebuah halangan untuk mengalahkan semangat mereka untuk terus berkarya di industri musik.



Foto: Dokumentasi Teamrock News


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler