Mengenal Skena Musik Islandia yang Menyihir Dunia

Mendalami namanya, Islandia kerap dianalogikan sebagai negara yang bersuhu minus dengan kristal es yang berkilauan. Tapi sebetulnya Islandia memiliki sejuta pesona magis yang mampu membuat siapa saja yang singgah, enggan meninggalkannya. 

Tak hanya keindahan alam yang punya daya magis, musik Islandia juga mampu membius banyak orang. Meskipun Islandia hanya memiliki populasi sebanyak 120 ribu orang saja, namun Reykjavik, ibukota Islandia ini sukses menghasilkan musisi-musisi yang mendunia.

Musisi di Islandia banyak mengusung genre folk, pop tradisional serta kontemporer yang identik dengan musik Nordik. Musik yang disuguhkan pun penuh dengan dengan eksplorasi eksperimental yang ekspresif nan harmonis yang dipadukan dengan alat-alat tradisional yang khas. 

Nah bagi TemanBaik yang hobi mendengarkan lagu-lagu ala Iceland, pastinya sudah tidak asing lagi dengan musisi-musisi asal Islandia. Namun bagi kamu yang belum tahu, tidak ada salahnya coba berkenalan dengan beberapa musisi dan band berikut.

Bjork

Bjork Guomundsdottir atau yang kerap dipanggil Bjork adalah penyanyi asal Islandia yang sudah berusia 52 tahun. Bjork telah mengembangkan gaya musik elektif yang memiliki pengaruh besar bagi dunia. Bjork telah berkarir selama empat dekade. 

Pada awalnya, perempuan kelahiran 21 November 1965 ini dikenal sebagai vokalis band rock alternative bernama The Sugarcubes yang lagunya sempat jadi hits di Amerika Serikat. Sebagai solois, Bjork telah menghasilkan 10 album. Album terakhirnya yang bertajuk ‘Utopia’ diirilis pada November 2017 lalu.

Sigur Rós

Negara sedingin Islandia dengan populasi yang tidak mencapai 500 ribu jiwa ini ternyata mampu melahirkan band berkualitas dan sangat emosional. Yap, Sigur Ros merupakan band yang lebih mengandalkan harmoni dan ambien ketimbang kemampuan dan popularitas. 

Sigur Ros merupakan band beraliran post-rock dari Reykjavik, Islandia yang sudah ada sejak tahun 1994. Band yang disebut-sebut beraliran experimental ambient ini terdiri oleh Jón Þór (Jónsi) Birgisson  (vokal & gitar), Georg Hólm (bass) dan Ágúst Ævar Gunnarsson (drum). Nama SigurRos sendiri diambil dari nama adik sang vokalis yaitu Sigourney Rose. Sigur Ros juga terbentuk bersamaan dengan lahirnya Sigourney Rose. 

Selain vokal falseto Jonsi yang khas, Sigur Ros juga dikenal dengan penggunaan bowed guitar, yaitu gitar yang digesek menggunakan bow atau penggesek biola. Penggunaan alat-alat musik yang tidak biasa ini memberikan gabungan elemen estetika klasik dan minimalis. 7 album studio pun telah dihasilkan Sigur Ros, aransemennya yang unik membuat beberapa lagu Sigur Ros menjadi soundtrack film. 

Of Monster and Men 

Of Monster and Men adalah band asal Reykjavik yang dibentuk pada tahun 2010, beranggotakan Nanna (vokal, gitar), Raggi (vokal, gitar II), Brynjar (gitar III), Árni (akordion) Kristjan (bass), dan Arnar (drum). 

Band yang satu ini memadukan musik folk dengan lirik-lirik penuh imajinasi dan telah melahirkan dua album. Lagu berjudul Little Talks milik Of Monster and Men berhasil berada di top ten tangga lagu internasional.

Sóley

Soley adalah musisi solois asal Islandia yang sangat menarik perhatian dengan cara bernyanyi yang unik. Soley hadir dengan genre indie folk dan bereksperimen sendirian dengan instrumennya, seperti vokal, gitar, keyboard dan perkusi. 

Soley memiliki keunikan dalam setiap lagu yang Ia ciptakan. Gaya penulisan lirik yang gunakan terkesan kelam, imajinatif dan surreal. Perempuan ini seolah memberikan pesan-pesan berharga pada pendengarnya ketika bernyanyi. Saat ini, Soley telah memiliki 3 album studio. 

Amiina

Saatnya berkenalan dengan sekelompok wanita yang tergabung dalam band bernama Amiina. Band asal Iceland yang mengusung kombinasi folks, ambient dan post rock ini selalu memukau penonton dalam aksi langsungnya, sebab kerap memainkan berbagai alat musik yang unik. 

Bebunyian yang dihasilkan Amiina berasal dari compact synthensizer, gitar baroque, harpa, biola dan lainnya. Karena keunikannya ini, musik Amiina juga kerap disebut sebagai musik kontemporer klasik. Saat ini, Amiina telah memiliki sejumlah lagu, album dan EP.

Kehadiran musisi dan band asal Iceland tentunya akan menambah referensi musik 'ajaib' dalam daftar lagumu. TemanBaik diajak berimajinasi dan bereksplorasi dengan nada-nada unik yang ditawarkan.


Foto: Wikipedia


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler