Guns N' Roses Hentak Jakarta Selama 3 Jam

Jakarta - Band hard rock kelas dunia, Guns N' Roses (GNR) kembali sambangi Jakarta pada Kamis (8/10/2018) dalam rangkaian 'Not In This Lifetime Tour' yang berlangsung di berbagai negara di seluruh dunia. Bertempat di Gelora Bung Karno Jakarta, band yang dihuni oleh Axl Rose (vokal, piano), Duff McKagan (bas), Slash (gitar utama), Dizzy Reed (keyboard), Richard Fortus (gitar rhytim), Frank Ferrer (drum), dan Melissa Reese (keyboard) sukses memuaskan hasrat penggemar Guns N' Roses yang datang. 

Axl Rose cs naik panggung pukul 20.15 WIB dengan menampilkan 'Its So Easy' sebagai lagu pembuka yang langsung digeber tanpa jeda oleh trek ‘Mr. Brownstone’ dan 'Chinese Democracy'.

Malam itu, Guns N' Roses cs banyak memainkan repertoar dari album 'Appetite For Destruction' dan 'Use Your Illusion' yang banyak memuat hit terkenal seantero dunia. Usai menyanyikan lagu ketiga, Slash yang menggunakan gitar Les Paul berwarna merah kemudian memainkan  intro dari lagu yang sangat terkenal. 

"Kalian tahu ini lagu apa? Welcome to the jungle, Jakarta!," ucap Axl Rose yang mengenakan bandana merah. 

Guns N' Roses lalu memainkan ‘Welcome to the Jungle’ yang langsung disambut tepuk tangan meriah oleh puluhan ribu penonton yang hadir. 

Sebelumnya, Guns N' Roses pernah menyambangi Jakarta pada tahun 2012 lalu. Hanya saja, penampilannya kala itu tidak menghadirkan Slash, sang gitaris. Jadi, konser  Guns n’ Roses kali ini terbilang sangat spesial, sebab menjadi ajang reuni Axl Rose dan Slash yang sudah terpisah lama sejak 1996 silam. 

Usia Axl Rose yang semakin tua, membuat suaranya tak begitu menggelegar seperti dulu. Terlihat ketika ia membawakan lagu 'Rocket Queen' tanpa tarikan nada yang tak begitu sempurna. 

"Aku akan bersantai sejenak. Kalian pasti tahu lagu ini," ujarnya sebelum Frank Ferrer mengisyaratkan lagu 'You Could Be Mine' lewat dentuman drumnya. 

Selepas membawakan trek 'This I Love', 'Civil War', dan 'Coma', Guns n' Roses kemudian menyajikan sajian yang ditunggu-tunggu sedari awal. Slash lalu memainkan intro lagu 'Sweet Child O' Mine' yang langsung disambut meriah nan histeris nan meriah. Sontak saja sepanjang lagu dinyanyikan suara Axl Rose tidak terlalu terdengar, karena suara penonton malah mengalahkannya. 

Setelah 'Sweet Child O’Mine' melantun dengan begitu keras, seketika membuat suasana menjadi syahdu dengan memainkan lagu 'Wichita Lineman' milik Glen Campbells dan  aksi nyentrik solo gitar Slash dan Richard Fortus yang berduet memainkan melodi dari lagu ‘Wish You Were Here’ milik band Pink Floyd.

Tak terasa, konser sudah berlangsung hampir 3 jam. Jelang berakhirnya pertunjukan, Guns N' Roses memainkan lagu milik Soundgarden yang berjudul 'Blackhole Sun'. Anggap saja lagu ini sebagai sebuah penghormatan bagi mending Chris Cornell. 

Axl kemudian melanjutkan aksinya kembali dengan menyanyikan 'Knocking On Heavens Door'. "Astaga, lebih baik kalian membantuku bernyanyi. Kalau tidak, mereka (Slash dan Richard) tidak akan berhenti melakukan duel gitar. Dasar,” ujar Slash dari atas panggung yang dibuat kesal oleh tingkah laku gitarisnya. 

Selanjutnya, Axl Rose mengisyaratkan bahwa lagu 'Nightrain' akan menjadi lagu terakhir yang dibawakan. Selepas menyanyikan lagu itu, para personel kemudian turun panggung. Namun, tak perlu menunggu waktu lama, satu per satu dari mereka lalu muncul kembali dari balik panggung dan memberikan encore berupa empat lagu tambahan. 

Lagu 'Patience' melantun dengan indah diiringi oleh sahut-sahutan nyanyian massal dari area penonton. Masih belum puas dengan lagu 'Patience', selanjutnya Axl terlihat memberi komando kepada Slash untuk memainkan intro dari lagu ‘Don’t Cry’ yang dilanjutkan oleh trek milik The Who yang berjudul 'Seeker'.

Setelah itu, tiba saatnya Guns N' Roses memainkan lagu pamungkas mereka.

'Paradise City' dipilih sebagai encore penutup yang menandakan berakhirnya konser. Kertas conffeti pun mulai bertaburan dan berterbangan dari bagian atas GBK. 'Terima kasih Jakarta, Indonesia! Sampai jumpa lagi!," ujar Axl Rose setengah berteriak kepada para penonton. 

Usai lagu penutup dibawakan, Slash dan Duff lalu berjalan-jalan ke area panggung untuk membagikan pick gitar dan bas gitar. Setelah itu, para personel Guns N’ Roses pun berfoto di tengah panggung untuk mengabadikan momen indah ini. 

Terima kasih untuk 3 jam yang tidak terlupakan ini. Sampai jumpa lagi, Guns N' Roses! 


Foto: Image Dynamics/Fotokonser


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler