Ajak Nostalgia Era 40-an, Madame & Toean Rilis Lagu ‘Bonjour’

Bandung - Grup musik asal Bandung, Madame & Toean resmi merilis single perdana berjudul 'Bonjour'. Single ini menjadi pembuka perjalanan Madame & Toean menuju debut album mini yang juga akan dirilis dalam waktu dekat.

Sebelum membahas mengenai single perdana mereka, mari berkenalan dulu dengan Madame & Toean. Grup musik yang terdiri dari Rahma Sekar Savitri (vokal), Taufik Hidayat (gitar), Charly Septiana (gitar), Ilham Septia (contra bas), Mega Ariani (cello), Indira E. Hartanto (biola) dan Dwi Prayoga N. (perkusi) ini terbentuk pada 9 Juli 2016 di Kota Bandung.

Madame & Toean pada awalnya hanya berjalan dengan format duo Rahma Sekar Savitri (vokal) dan Opick Bape (gitar). Kemudian seiring waktu, mereka menambah jumlah instrumen dan hadir dengan gaya gypsy-jazz era 40-an yang menggabungkan dua negara berbeda, yaitu Indonesia dan Perancis.

Secara filosofis, Madame & Toean adalah representasi dari 'kawin silang budaya Perancis dan Indonesia'. Madame adalah sebutan dalam Bahasa Perancis bagi perempuan yang telah memiliki suami, sementara Toean adalah sebutan untuk pria yang diambil dari kata Tuan yang belum disempurnakan asal Indonesia. Definisi ini kemudian digabung dan ditafsirkan sebagai gambaran perkawinan musikal. Perancis dan Indonesia.

Single perdana berjudul 'Bonjour' ini menceritakan tentang seorang perempuan yang jatuh cinta pada padangan pertama pada seorang lelaki. Sayangnya, perasaan tersebut tidak berujung manis. Kemudian, yang dilakukan perempuan tersebut hanya melihat dari kejauhan dan mendapati kenyataan kalau ternyata laki-laki tersebut sudah memiliki pasangan. 

Walaupun 'Bonjour' bercerita tentang cinta yang tidak berbalas namun musik yang dihadirkan penuh dengan latar musik yang ceria. Dengan sentuhan nuansa musik bergaya gypsy-jazz dengan irama ala musik Eropa pada tahun 1940-an yang membuat lagu ini terdengar unik dan sarat makna. 

Seniman muda asal Kota Bandung bernama Lutfil Hadi pun mencoba membuat ilustrasi dengan menggambarkan makna dari lagu ‘Bonjour’secara menyeluruh. Ia membuat gambar seorang perempuan tengah melamun dari jendela ditemani kucing dan nampak bunga-bunga di sekelilingnya. 

'Bonjour' sudah dapat dinikmati di berbagai layanan musik streaming sejak 23 November 2018. Dengerin yuk TemanBaik!

Foto: Instagram.com/madamedantoean

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler