Ini 4 Merek Gitar Asal Indonesia yang Mendunia

Bandung - Beberapa mungkin hanya mengetahui merek gitar ternama dunia seperti Gibson, Fender, Yamaha, hingga Ibanez. Merek-merek tersebut bisa dibilang banyak dipakai oleh para pelaku musik tanah air.

Tapi, tahu enggak sih kalau tak sedikit juga merek gitar lokal yang namanya juga sudah mendunia. Ini dia 4 merek gitar asal Indonesia yang namanya harum hingga ke luar negeri:

Stranough Guitar
Stranough merupakan merek asal Indonesia yang dirintis oleh Muhammad Satria ‘Hanung’ Nugraha yang sudah didirikan sejak tahun 2005 silam. Ia lalu membut gitar travel yaitu The Tripper. Selain memproduksi gitar sendiri, Stranought juga melayani pembuatan gitar custom loh.

Pada tahun 2011 lalu, Stranought juga sempat diundang ke pameran musik NAMM di Anaheim, Amerika Serikat. Saat itu ia bekerjasama dengan luthier internasional bernama Buddy Blaze.

Saat ini produk gitar Stranough dijual dengan harga beragam mulai dari Rp 1,5jta hingga lebih dari Rp 40 juta.

Rick Hanes Guitar
Siapa sangka kalau merek gitar ternama berasal dari Sidoardjo, Jawa Timur. Adalah Rick Hanes yang didirikan oleh Doddy Hernanto. Ia sudah merintis usaha pembuatan gitarnya sejak 2009.

Hanya saja nama Rick Hanes baru melejit 3 tahun setelahnya. Saat itu, Rick Hanes berhasil memperoleh 3 penghargaan sekaligus dari majalah Planet Guitar yaitu "Guitar of the Year", "Artist Signature", dan "Hall of Fame". Dengan memboyong penghargaan tersebut, Rick Hanes berhasil menyingkirkan 362 gitar elektrik dari 52 negara.

Sejak saat itu lah merek Rick Hanes mulai bisa menembus pasar dunia, khususnya Amerika Serikat. Untuk satu gitar produksi Rick Hanes dibanderol mulai dari kisaran Rp 19juta – Rp 26 juta.

Sjuman Instruments
Sjuman Instruments merupakan merek gitar yang didirikan oleh Sri Aksana Sjuman pada 4 April 2015. Pria yang akrab disapa Wong Aksan ini memproduksi gitar dari bahan baku kayu pilihan, seperti kayu kapal karam hingga kayu pohon di Kebun Raya Bogor.

Harga untuk satu gitar produksi Sjuman Instruments pun dibanderol cukup tinggi yakni mulai dari Rp 7,5juta hingga Rp 25juta. Nama Sjuman Instruments pun tak hanya dikenal di Indonesia saja, tapi juga telah dipasarkan sampai ke Jerman sampai Amerika Serikat.

Luna Guitarworks
Luna Guitarworks didirikan oleh Tatag Bintara di Sidoarjo, Jawa Timur pada tahun 2016 lalu. Sebelum resmi memperkenalkan Luna Guitarworks, ia sendiri sudah melakukan riset mengenai pembuatan gitar lokal sejak 2012.

Setelah memproduksi gitar lokal, selama satu tahun ia sudah mampu memproduksi sebanyak 16 gitar. Untuk materialnya, Luna Guitarworks menggunakan kayu okoume sebagai bahan andalan untuk bagian body. Kayu ini merupakan kayu dengan kualitas terbaik yang berasal dari Afrika Barat. Lalu, untuk bagian neck, Luna Guitarworks memakai kayu kayaatau mahoni Afrika.

Konsumen gitar-gitar dari Luna Guitarworks ini pun kebanyakan datang dari luar Indonesia, di antaranya Inggris, Amerika Serikat, Amerika Latin, sampai Rusia. 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler