Percaya Kekuatan Harapan, Karsha Lepas Single '0/10'

Yogyakarta - Setelah melepas single 'Shield' sebagai debut pertama mereka, kini Karsha merilis single kedua berjudul '0/10'. Band berlabel independen dan bergenre chamber pop asal Yogyakarta ini digawangi oleh Agustina Lestari (vokal), Alfin (gitar/vokal), Yusdhy Prakoso (gitar), Ari Armanda (gitar), Yuri Ramadan (bass), Syarif Hidayattulah (keyboard), dan Yordannata Rindhi (drum).

Mereka mengibaratkan lagu ini seperti dalam sebuah permainan atau game, di mana tulisan '0/10' menggambarkan level skill seseorang dalam menghadapi tantangan di game tersebut. Skor terendah adalah 0 dan skor tertinggi adalah 10.

0 menyimbolkan kondisi seseorang pada titik terendah dalam hidupnya. Secara implisit, kondisi tersebut bercerita tentang perasaan gelap seseorang yang mengalami depresi, di mana hanya ada kesengsaraan dan kecemasan di dalam pikirannya.

Perasaan depresi yang hanya terkubur di dalam hati dan semakin tak terkendali tersebut kemudian menjelma menjadi sosok entitas yang akan selalu menghantui. Sosok tersebut ada di sana untuk selalu menyesatkan, menenggelamkan, dan membakar harapan tanpa akhir, secara fisik dan mental, dan sosok tersebut adalah diri kita sendiri.

Kita dapat membunuh harapan dan dapat mengembalikannya lagi, karena harapan selalu ada untuk diserap di mana saja. Namun, memang kita sendirilah yang harus terlebih dahulu membuka pintu harapan itu. Kelak melalui pintu harapan tersebut, cahaya akan datang dalam gelap dan kemudian membawa kita kembali ke kebahagiaan.

"Yang harus dilakukan adalah percaya. Percayalah bahwa harapan akan datang, bahkan pada tingkat pikiran terendah dalam hidup kita. Percayalah pada tangan Tuhan selalu memberi kita pintu keluar untuk semua masalah yang kita hadapi," ujar Agustina Lestari dalam rilis yang diterima BeritaBaik.

Selain punya tujuan dan lirik yang dalam, musik dalam lagu ini juga dikemas dengan sangat apik oleh Yusdhy Prakoso selaku gitaris Karsha, serta Sasi Kirono selaku music director & music producer. Sedangkan artworknya dibuat oleh @deaniast.

Balutan musik chamber pop khas Karsha yang dipadu dengan sentuhan shoegaze benar-benar mampu mengantarkan kita dari titik 0 menuju 10.

Agustina Lestari selaku vokalis Karsha juga menambahkan harapannya tentang lagu ini, “Kami berharap, bersama dengan lagu '0/10' yang memiliki cerita yang bermakna mendalam dan musik yang disajikan untuk dirasakan bersama, setidaknya dapat menenangkan dan perlahan-lahan akan menyembuhkan rasa sakit siapa pun yang berada dalam titik terendah atau mereka yang sedang memulai perjuangannya kembali."

Dalam instagram @mahakarsha, Karsha juga sempat memaparkan tentang perkembangan pengaruh musiknya, "Semangat akulturasi menjadi salah satu yang sangat berpengaruh di single kedua. Tak lagi hanya terpengaruh dari musik-musik folk Eropa Timur, tapi kami ekspan dengan memperkaya musik kami dengan menambahkan nuansa Cina dan Amerika, tersemat pada dinamika nada gitar, choir dan sound drum dari single '0/10'."

"Kami ucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah bertahan hingga hari ini, terima kasih untuk mempercayai bahwa harapan baik selalu menunggu siapa pun. Kalian adalah terang bagi kami", tulis Karsha sebagai kalimat pamungkas dalam rilis yang diterima BeritaBaik.

Saat ini Karsha sedang mempersiapkan dan menyusun mini album yang akan dirilis secara utuh pada pertengahan tahun 2020. Single '0/10' sudah dapat didengarkan di platform digital favorit kalian sejak 26 Juli 2019 loh, TemanBaik. Video liriknya juga sudah dipublikasikan di kanal Youtube mereka.


Foto: Press Release Karsha

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler