Satu Per Empat Bikin Lagu dari Kenangan di Candi Ratu Boko

Setelah menggebrak kancah musik Indonesia lewat single 'Alibi Abadi' pada bulan Juli lalu, kini Satu Per Empat melempar single terbaru berjudul 'Ephemeral'.

Satu Per Empat adalah sebuah band asal Jakarta yang digawangi oleh Bismo Triastirtoaji (vokal), Audi Adrianto (gitar), Rigaskara (bass), dan Levi Stanley (drums). Mereka sempat melepas single 'Plaza' pada tahun 2015 sebagai lagu bebas unduh atau free download di situs web Rolling Stone Indonesia.

'Ephemeral' mengartikan pertemuan dan perpisahan. Di antara kedua kutub itu, salah satu hal yang penting adalah menikmati waktu, merekam momen berharga bersama orang-orang tercinta. Proses pembuatan lagu ini juga menandakan harmoni antara Bismo Triastirtoaji sebagai penulis lirik dan Audi Adrianto sebagai gitaris Satu Per Empat.

Suatu waktu, Audi memperdengarkan demo musiknya kepada Bismo untuk dijadikan lirik. Dalam penyusunannya, Bismo hanya mengingat satu kenangan bersama Audi di Yogyakarta. Kala itu, mereka berdua menghabiskan waktu bersama di hamparan bukit hijau Candi Ratu Boko yang terletak di daerah Prambanan, Yogyakarta. Tidak ada yang berbicara. Keduanya hanya merebah, menatap langit, menanti matahari tenggelam. Seperti itulah proses kelahiran lagu ini.

Audi tidak pernah menyangka kalau lirik guratan Bismo akan berbicara tentang ketidakkekalan hidup. Selain menggambarkan kenangan mereka di Candi Boko, Audi mengakui bahwa lirik ‘Ephemeral’ sangat relevan dengan perasaan yang pernah ia alami dulu. Dalam rilis yang diterima BeritaBaik, Audi sempat bertutur, “Ephemeral jadi salah satu lagu yang punya makna paling personal buat gue di album Pasca Falasi ini.”

Lagu ini diawali dengan hantaman intro yang sangat catchy dan mudah diingat. Di pertengahan lagu semakin terdengar bahwa mereka menggunakan chords yang tidak biasa, sehingga lagu ini tidak terasa monoton dan tidak membosankan. Secara keseluruhan, nuansa lagu 'Ephemeral' terdengar lebih enerjik dan bersemangat daripada lagu 'Alibi Abadi'. Mereka juga masih konsisten menggunakan lirik berbahasa Indonesia untuk lagu ini.

Single ‘Ephemeral’ dirilis di bawah naungan Rekaman POTS, diproduseri oleh Bayu Perkasa dan Audi Adrianto, serta diarransemen oleh semua personel Satu Per Empat. Drum dan vokal direkam oleh Bayu Perkasa, Firas Raditya, dan @haryob_ di Rumah Sawangan. Gitar direkam oleh Bayu Peraksa di ALS Studio Rempoa. Penyuntingan digital oleh Haryo Widi di Studio Kandang. Proses mixing digarap oleh Bayu Perkasa dan mastering oleh Dimas Martokoesoemo di ALS Studio Rempoa. Sedangkan artwork oleh Raditya Satyoputra.

Selain dirilis dalam format audio, single ini juga ada video musiknya loh, TemanBaik! Dalam salah satu unggahan instagram (@satuperempat) tercantum pernyataan sebagai berikut, “Proyek ini adalah garapan sahabat kami @gregsoegono serta @rifanakbaar dan tim yang telah bekerja keras menghadirkan video musik kwalitet wahid, serta menampilkan aktor MVP @arlinggaptr yang berpeluh deras demi tercipta aksi peran sekelas Leonardo DiCaprio.” Greg Soegono adalah salah satu co-founder kanal Sunyata yang sekaligus berperan dalam divisi kreatif Sunyata dan juga pernah menggarap video musik mereka yang berjudul ‘Plaza’.

Kini, Satu Per Empat tengah menyiapkan album perdana mereka bertajuk ‘Pasca Falasi’ yang rencananya akan diluncurkan bulan Oktober tahun ini.

Single ‘Ephemeral’ sudah mengudara di layanan musik digital favorit kalian sejak 16 Agustus 2019 dan sempatkan juga untuk menonton video musiknya yang sudah tayang di kanal Youtube mereka ya, TemanBaik.


Foto: Press Release dari Satu Per Empat

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler