Lagu 'Merduka', Sebuah Sentilan dari Zirah atas Arti Kemerdekaan

Yogyakarta - Setelah melempar 'Pusaka Pertiwi' sebagai single pertama, kini Zirah meluncurkan single kedua yang berjudul 'Merduka' sebagai sebuah sentilan atas arti kemerdekaan.

Zirah adalah sebuah band rock asal Jakarta yang terbentuk sejak tahun 2017 dan terdiri dari 4 personel perempuan. Mereka adalah Alisa (vokal), Yasmin (bass), Raisa (gitar), dan Thalita (drums).

'Merduka' kerap kali dianggap sebagai kesalahan penulisan, padahal judul lagu ini merupakan konstruksi atas kata "merdeka" dan "berduka" yang diharapkan mampu memberikan perspektif baru tentang kemerdekaan. Lagu ini lahir bukan untuk mengglorifikasi kematian atau mengolok-olok kemerdekaan, namun sebagai citra baru tentang kebebasan manusia dan peringatan tentang ketidakmerdekaan manusia sebelum menjemput kematian.

Dalam rilis yang diterima BeritaBaik, Anissa Yasmin selaku bassist dari Zirah mengungkapkan bahwa merdeka bukan hanya mengartikan usainya masa penjajahan suatu bangsa, tetapi kemerdekaan juga bisa diimplikasikan dengan kebebasan individual atau kemerdekaan pribadi yang sebetulnya pelik terwujud selama manusia masih hidup dengan berlandas pada beribu asas semata, seperti agama, pekerjaan, aturan, dan lain-lain. "Kemerdekaan adalah kematian. Ketika manusia mati, mereka lepas dari segala keterikatan duniawi," imbuhnya.

Dalam salah satu unggahan di instagram mereka (@suarazirah) tercantum bahwa lagu ini dirilis di bawah naungan Rekaman POTS, direkam dan dimixing oleh @tingbooy, dan dimastering oleh Dimas Martokoesoemo di ALS Studio. Foto artwork oleh @jazlynmelody.

Rencananya, lagu ini akan masuk menjadi salah satu track di EP perdana mereka yang akan diluncurkan dalam waktu dekat di tahun ini.

Selain dirilis dalam format audio, ternyata lagu ini juga ada video liriknya loh, TemanBaik. Video lirik diilustrasikan oleh Ula Zuhra dan disunting oleh Anissa Yasmin.

Single 'Merduka' sudah dapat TemanBaik dengarkan di berbagai platform musik digital sejak 17 Agustus 2019 dan video liriknya juga sudah dapat ditonton di kanal Youtube mereka ya.

Foto: Press release dari Zirah

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler