VOC Hadirkan Nuansa Jadul dalam 'Putri Khayangan'

Yogyakarta - Beberapa waktu lalu, band keroncong asal Yogyakarta yang menamai proyek mereka dengan Voice Of Citizens (VOC) ini telah melempar single terbaru berjudul 'Putri Khayangan' ke berbagai platform musik digital.

Lagu ini diciptakan oleh R. Zeptha Dani dan diproduseri oleh Jan Djuhana yang membesut JD Records. Pak Jan merupakan produser musik kenamaan yang pernah bekerja sama dengan Dewa 19, Kahitna, Padi, dan Sheila On 7. Di bawah naungan Jan Djuhana dan ditambah dengan musikalitas VOC, single 'Putri Khayangan' ini menjadi lagu yang adem atau teduh di telinga.

"Single 'Putri Khayangan' sendiri diaransemen dengan tema keroncong, sesuai dengan genre musik yang diangkat oleh VOC. Balutan nuansa 90an sangat kental dalam aransemen. VOC dan JD Records memang berencana mengembalikan nuansa 90-an yang erat dengan romantisme dan alunan dinamika musik yang cenderung sederhana dan mudah diterima telinga", papar Phyl, sang vokalis VOC.

Enggak hanya menghadirkan nuansa jadul atau lawasan melalui format audio saja loh, tetapi band yang sempat mendapat sorotan pada saat acara penutupan Asian Games 2018 di Jakarta ini juga menyuguhkan visualnya dalam video musik yang sudah bisa TemanBaik tonton di kanal YouTube milik JD Records.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Musisi yang Bakal Kolaborasi di Album Terbaru Mantra Vutura

Nuansa lawasan dalam video musik itu mereka hadirkan lewat keberadaan warung internet (warnet) yang sempat menjamur di Yogyakarta sekitar akhir tahun 90an dan 2000an. Warnet di Jogja kala itu enggak hanya sebatas tempat untuk mengakses internet saja, namun juga dapat menjadi tempat di mana terjadinya sebuah perkenalan yang dilanjut dengan perbincangan hangat pengguna antar bilik.

"Dulu kan warnet enggak cuma tempat akses, tapi chatting-an juga. Banyak yang menemukan jodoh di warnet, tempat rahasia juga untuk bertemu pasangan yang 'backstreet' alias diam-diam pacarannya. Keseruan itu yang kami sajikan dalam video," sambung Phyl.

Mereka juga menuliskan kalimat sebagai berikut dalam deskripsi video pada laman YouTube, "Ketika seorang pria yang merasa yakin bahwa gadis yang baru dikenalnya telah menaruh hati kepada dirinya. Ada rasa untuk ingin mengatakan bahwa ia mencintainya, tapi belum berani untuk mengungkapkannya. Namun, ia yakin bahwa suatu saat nanti ia akan mengungkapkan perasaannya pada sang gadis pujaan."

Band keroncong yang terbentuk di Jogja sejak tahun 2016 ini sudah beberapa kali membawakan lagu 'Putri Khayangan' secara langsung, termasuk di Bjong Cafe (Jogja) saat perayaan kemerdekaan lalu. Konsep musik yang dikolaborasikan dengan seni pantomime dalam setiap penampilan mereka mampu memberikan hiburan menyenangkan bagi pendengar musik selama pertunjukan.

"Pantomime sendiri untuk VOC sebagai pengantar cerita dari setiap lagu yang dibawakan dan menjadi simbol keberagaman cerita dalam masyarakat," pungkas Phyl.


Foto: Dokumentasi VOC

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler