Kota & Ingatan Rilis Ulang Album Perdana dalam Format Live

Yogyakarta - Setelah memulai debutnya dengan merilis album 'Kurun' ke berbagai platform musik digital serta rilisan fisik pada November 2018 lalu, kini Kota & Ingatan meluncurkan kembali album penuh tersebut dalam format studio live session bertajuk 'Merapal Kurun'.

Band asal Yogyakarta yang terbentuk pada tahun 2016 ini digawangi oleh Herda Mukti Setiyawan (gitar), Addie Setyawan (bass), Maliq Adam (gitar), Aji Prasetyo (drum) dan Aditya Prasanda (pelafal teks).

Merapalkan kembali catatan demi catatan dalam album 'Kurun', Kota & Ingatan berencana membawakan 9 dari 10 catatan dalam album ini secara live. Lagu 'Alur' pun dipilih sebagai catatan pembuka sesi 'Merapal Kurun' yang sudah tayang di kanal YouTube mereka sejak 28 Agustus 2019.

Sesi 'Merapal Kurun' direkam pada pekan akhir Juli di Studio Jogja Audio School (JAS). Saat live session berlangsung, Kota & Ingatan mengubah set studio langganan banyak musisi Jogja tersebut menjadi sedikit berbeda.

"Tantangannya, gimana merubah studio JAS agar terlihat nggak biasa? Karena ada banyak banget musisi yang bikin studio session di JAS, dengan set yang nyaris sama. Di situlah muncul gagasan menutup area-area paling familiar di JAS dan menembakkan proyektor di satu sisi studio. Meski di lapangan, ada beberapa spot khas JAS yang tak terhindarkan dan terekam," papar Aditya Prasanda dalam rilis yang diterima BeritaBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Fuzzy, I Eksplorasikan Musik Lewat Karya Terbarunya 'Transit'

Dalam proses perekaman video live session ini, Kota & Ingatan juga dibantu oleh beberapa teman-teman setia mereka, seperti Asep Taufik Hidayat, Etno Mansur, dan Nerpati Palagan sebagai pengambil gambar, kemudian Aleyo Sas Melas sebagai pengarah proyektor, serta Aditya Kurniawan, Muhammad Kemal Akbar, Miko Kim dan gitaris mereka sendiri, Maliq Adam ikut bertindak sebagai teknisi, perekam, dan penata suara.

Rekaman live session 'Merapal Kurun' ini sekaligus menjadi ajang temu kangen bagi Kota & Ingatan untuk merayakan kepulangan sejenak pembetot bass mereka, Addie Setyawan yang kini bermukim dan melanjutkan hidup di Meksiko.

Salah satu hal yang menarik di sini yaitu single berjudul 'Memoar' malah menjadi satu-satunya catatan yang tidak akan ikut disertakan dalam live session 'Merapal Kurun' ini, padahal lagu tersebut merupakan single pembuka di album 'Kurun'.

"Kami terkendala waktu, meski sudah direncanakan jauh hari, eksekusinya tetap mepet dan terburu-buru. Jadi, ngga sempat ngulik Memoar," pungkas Maliq Adam.

Perlu diingat bahwa selain 'Alur', bakal ada delapan catatan lainnya yang akan diunggah Kota & Ingatan secara berkala melalui kanal Youtube mereka loh, TemanBaik. Yuk, kita pantengin terus kanal Youtube-nya dan follow juga akun instagram mereka (@kotadaningatan) biar enggak ketinggalan informasinya ya.


Foto: Dokumentasi Kota & Ingatan

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler