Elkarmoya Perkenalkan Sosok 'Jon Kartel' dalam Single Terbarunya

Bandung - Setelah merilis mini album pada tahun 2018, grup musik bernuansa Latin-Meksiko asal Jatinangor, Elkarmoya kembali nih. Mereka hadir lagi untuk mengenalkan single terbarunya yang diberi judul 'Jon Kartel'.

'Jon Kartel' adalah nama seorang tokoh yang Elkarmoya sendiri ciptakan. Dalam karyanya, Elkarmoya memang dikenal kerap menggunakan penokohan sebagai judul atau inti dari liriknya. Elkarmoya ingin menciptakan sebuah album yang menyerupai prosa, bersifat naratif dan menciptakan karakter tokoh.

Dalam lagu ini, Elkarmoya berkolaborasi dengan pemain trumpet loh. "Dalam lagu ini kami juga berkolaborasi dengan pemain terompet dari Bandung yang juga sebagai personel dari band Rosemary, yaitu Bane Rosemary," tulis Elkarmoya dalam keterangan tertulis yang diterima BeritaBaik.

Bane bercerita bahwa tahun 90-an dalam dunia marching band lagu-lagu latin memang populer untuk dibawakan. Maka ia sudah tidak asing akan gaya trumpet mariachi atau long not-long not yang dramatis ala lagu latin. Elkarmoya juga dibantu oleh pemain perkusi dari Kaawg, pukulan-pukulan timbalesnya menambah ritme-ritme salsa pada lagu ini.

Di Indonesia sendiri kita kerap disuguhkan informasi musik Amerika-Latin dari telenovela yang sangat melegenda, seperti Marrimar, Rosalinda dan Esmeralda. Pemberian judul dari nama tokohnya memang lumayan populer pada era musik 80-an, Elkarmoya mencoba menghadirkan romantisme itu lagi pada tahun 80-an.

Untuk urusan lirik dalam Bahasa Spanyol dikerjakan oleh sang vokalis, Pablo. Ia dibantu editor Bahasa Spanyol Santiago Errazo (Equador). Pablo terinspirasi membuat lirik dari film- film yang mengangkat tema tentang sebuah bisnis narkoba dari beberapa negara Amerika latin seperti Columbia, Mexico, Venezuela, dan lainya yang sifatnya bisnis multinasional.

Single 'Jon Kartel' dirilis di kanal YouTube Elkarmoya Musica beserta video liriknya tanggal 6 september 2019, kemudian akan berlanjut kedalam music video. Lewat lagu baru ini, Elkarmoya juga siap menjajaki 5 kota di Jawa dan Bali, yaitu Badung (Bali), Denpasar (Bali), Malang (Jawa timur), Yogyakarta (DIY) dan Tangerang (Banten). Perjalanan ini juga merupakan promo EP dan single terbaru Elkarmoya, 'Jon Kartel'. 

Foto: dokumentasi Elkarmoya
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler