Berburu Rilisan Fisik di Cassette Store Day Yogyakarta 2019

Yogyakarta - Cassette Store Day merupakan sebuah acara internasional yang diselenggarakan serentak di seluruh dunia secara rutin setiap tahunnya untuk merayakan keberadaan rilisan musik dalam bentuk kaset pita. Yogyakarta pun enggak mau ketinggalan menghelat kegiatan ini.

Di Jogja sendiri, kegiatan ini digawangi oleh komunitas Jogja Records Store Club (JRSC) yang melibatkan para pelaku, pemerhati dan penikmat rilisan fisik di Yogyakarta.

Cassette Store Day cabang Yogyakarta digelar pada hari Sabtu (12/10), pukul 12.00 – 22.00 WIB di Kedai Kebun Forum (lantai 2), Jalan Tirtodipuran no. 3, Mantrijeron, Yogyakarta.

Acara bazaar rilisan fisik ini diikuti oleh 29 records label dan toko musik offline dan online dari Yogyakarta, Klaten, Solo, Purworejo, Kendal dan Semarang, di antaranya:

1. Soundbox
2. Samstrong Recods
3. Sasanasuara
4. Pencari Matahari
5. Otakotor Records
6. Galeri Oma
7. Pengerat Shop
8. Mindblasting Netlabel
9. JTWYA Store X Luwes
10. Rilisan Fisik
11. Altar Apokalips x Comestore
12. DoggyHouse Records
13. UD. Barokah
14. LKLJJN Corner
15. GreenHouse Record
16. Metal Shop
17. Adi Music Store
18. 42MusicStore
19. jajanmusik
20. Nur Kaset
21. Well Antik
22. Titen Musik
23. Yes No Shop
24. Fantasi Mew Sick
25. Koloni Store
26. Substore 10A
27. Disko Hobi
28. Yoa Pluto
29. Mix Music

Enggak cuma rilisan fisik seperti kaset pita, CD, dan vinyl atau piringan hitam saja yang bisa kita temukan di acara ini, tetapi juga ada merchandise seperti T-shirt dan totebag, serta pemutar rilisan fisik portable seperti walkman dan discman yang dapat dibeli. Di CSD YK 2019 kali ini, para pelapak menggelar dagangannya dengan format lesehan, tanpa meja dan kursi.

Sudah menjadi tradisi seperti dalam Cassette Store Day 2019, beberapa records label merilis album spesial yang dijual dalam format kaset untuk pertama kalinya di acara ini, seperti rilisan kaset Narcholocos split Anal Geisha oleh Samstrong Records, Monkey To Millionaire album re-issue Self Titled, dan lain sebagainya.

Salah satu pengunjung, Nathaniel Abel sempat memberikan komentarnya kepada BeritaBaik mengenai rilisan fisik apa saja yang ia berhasil dapatkan di acara ini dan pendapatnya tentang CSD YK 2019 ini. "Ini tadi aku dapet kaset 'Jawaban Api Asmara' karya alm. Jack Lesmana, kaset Nonaria, kaset Iron Maiden, sama kaset 'Musik Saya Adalah Saya' karya alm. Yockie Suryoprayogo," tuturnya.

Sebagai seorang mahasiswa asal Jakarta yang baru yang kuliah di Jogja, ia merasakan bahwa CSD di Jogja ini walaupun tidak seramai yang ada di Jakarta, tetapi dapat membuat para pengunjung nostalgia untuk mendengarkan kaset melalui rilisan fisik.


Foto: Hanni Prameswari

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler