Answer Sheet Bawakan Lagu Baru di Pembukaan FFD 2019

Yogyakarta - Tahun ini, Festival Film Dokumenter (FFD) kembali digelar selama tanggal 1-7 Desember 2019 dan bertempat di 3 lokasi, yaitu Taman Budaya Yogyakarta, IFI-LIP Yogyakarta, dan Kedai Kebun Forum. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

Total ada 91 film dalam 15 program yang disajikan dalam FFD 2019, meliputi: 'Kompetisi', 'Perspektif', 'Spektrum', 'Docs Docs', 'Focus on Canada', 'Focus on Korea', 'Layar Lebar', 'Layar Kekerasan: Lanskap', 'Etnografi Indrawi', 'The Feeling of Reality (VR)', 'SchoolDoc', 'DocTalk', 'Public Lecture', 'Lokakarya Kritik Film' dan 'Le Mois du Documentaire'. Buat TemanBaik yang ingin memantau informasi terlengkap tentang jadwal FFD 2019, cek saja di website resmi mereka (ffd.or.id) atau akun instagram (@ffdjogja) ya.

FFD 2019 resmi dibuka pada Minggu (1/12/2019) malam di Gedung Societet Militair Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Sebelum sambutan dari Henricus Pria selaku direktur FFD dan Ayu Diah Cempaka selaku perwakilan dari tim program FFD diberikan, para penonton dan tamu undangan disuguhi dengan pertunjukan musik dari Answer Sheet terlebih dahulu, sekitar jam setengah 8 malam.

Band asal Jogja yang digawangi oleh Ogi (vokal, ukulele), Suryo (gitar), dan Faiz (bass) ini membawakan 'We Are Answer Sheet' sebagai lagu pertama. Lalu, mereka memainkan lagu 'Taciturnity' dan 'Meditate'. Answer Sheet mengakhiri aksi panggungnya dengan lagu berjudul ‘Tubruk, Senja’. Beberapa lagu yang mereka bawakan live ini merupakan materi baru yang belum pernah direkam sebelumnya, loh.

Malam pembukaan FFD kemudian ditutup dengan pemutaran film 'Turning 18' (2018), besutan dari sutradara asal Taiwan, Ho Chao-Ti. Film tersebut berkisah tentang dua gadis remaja yang bertemu dalam program latihan kejuruan. Setelah perjumpaan itu, nasib membawa keduanya berjalan berlainan arah.

Seusai acara, kebetulan BeritaBaik mendapat kesempatan untuk wawancara dengan Ogi, vokalis dari Answer Sheet. Ia memberikan kesannya setelah Answer Sheet didapuk jadi music performer untuk malam pembukaan FFD 2019.

"Menarik sih, karena kita terakhir diundang acara-acara kayak gini udah lama banget ya. Yang paling menyenangkannya lagi adalah kita ditonton oleh orang-orang yang jarang nonton Answer Sheet sebelumnya, nah itu sih sebenernya yang malah jadi point penting buat kita. Biasanya kan kalo nge-gigs yang nonton kan orang-orang itu aja, orang-orang itu lagi, nah tadi beda, banyak wajah baru. Mereka dateng ke sini antusias untuk nonton film, tapi ada additional musiknya, yaitu Answer Sheet. Untungnya, respon orang-orang sih kayaknya suka-suka aja," komentarnya.

Ogi pun sempat menyinggung tentang rencana merilis materi-materi lagu baru yang sempat mereka bawakan pada saat pembukaan FFD itu. "Rencana pengen rilis karya baru awal taun sih. Kita udah mulai rekaman, materinya udah ada, yang tadi itu kan sebenernya belum direkam semua, rencananya itu yang jadi single. Kita paling mengeluarkan single-single dulu. Soalnya kalo album malah sayang, udah rilis sekali terus kalau ternyata responnya tidak sesuai ekspektasi, padahal effortnya udah gede, yaudah mending single dulu aja,” pungkasnya.


Foto: Hanni Prameswari

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler