Gie Jadi Band Pembuka Konser Musisi Asal Negeri Kanguru

Setelah menjalani tur Eropa dan Amerika Serikat, singer-songwriter asal Australia sekaligus pemenang ARIA Awards, Dan Sultan akhirnya singgah ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam sebuah konser yang digelar oleh Australia Connect dan Hookspace pada hari Selasa (3/12) malam di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Jalan Sriwedani No. 1, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Tiket konser yang dibanderol seharga 50ribu terjual habis loh, TemanBaik.

Sekitar jam 7 malam, sebelum Dan Sultan naik ke atas panggung, ratusan penonton dihibur dengan aksi panggung dari Gie terlebih dahulu. Band asal Jogja yang digawangi oleh Wimar Yulius (vokal), Gatra Laringal (gitar), Kaka Bagaskara (keyboard), Denny Sinjo (bass), dan Abe (drums) ini adalah satu dari sekian band kampus yang berhasil bertahan dari terjangan kehidupan pasca lulus dan kini menjelma jadi tumpuan masa depan industri musik Indonesia. Mereka telah menelurkan satu EP dan satu album sebagai bukti eksistensi.

Lagu pertama yang mereka bawakan adalah ‘Belum Habis’ yang kemudian dilanjutkan dengan ‘Satu-Satunya’. Kali ini Gie tampil dalam format akustik yang cukup berbeda dan tampak lebih megah dari pertunjukan musik mereka sebelum-sebelumnya, karena menggunakan instrumen grand piano.

Lagu selanjutnya yang mereka bawakan adalah ‘Cinta Kembang Api’, ‘Never Have You’ dan ‘Tetaplah di Sini’. Di sela-sela pertunjukan, Wimar dan Denny kerap menyapa penonton dan melontarkan celotehan-celotehan berbahasa Jawa yang membuat penonton tertawa. Mereka mengakhiri penampilan dengan lagu ‘Jarak’ yang disambung dengan lagu ‘Sendiri Menikmatimu’.

Setelah Gie selesai tampil, Dan Sultan pun bermain seorang diri di hadapan penonton dengan bergantian memainkan instrumen gitar dan piano membawakan lagu-lagu hits dari 6 albumnya yang telah dirilis. Penampil selanjutnya yang membuat penonton semakin terlihat menggila yaitu Pamungkas. Penampilan dari Pamungkas kali ini juga terlihat berbeda karena diiringi oleh teman-teman dari String Quintet.

Keistimewaan yang disuguhkan oleh Australia Connect dan Hookspace ternyata tak hanya sampai di situ saja. Setelah Pamungkas menyelesaikan aksi panggungnya, penonton tiba-tiba dikejutkan dengan sajian special performance kolaborasi antara Dan Sultan dengan band Gie yang membawakan lagu berjudul ‘Hold It Together’ sebagai penutup konser.

Seusai konser, BeritaBaik mendapat kesempatan untuk wawancara dengan Wimar selaku vokalis dari Gie. Ia berkomentar tentang konser yang baru saja mereka mainkan. “Pertama-tama, saya harus kembali lagi ke awal, bahwa apa yang terjadi adalah sebuah kebanggaan dan pencapaian kami sebagai grup musik. Bermain di Concert Hall TBY adalah sebuah pencapaian. Konser dan berkolaborasi dengan award winning Dan Sultan adalah sebuah milestone yang merupakan bukti proses kami sebagai grup musik,” tuturnya.

Kemudian, ia menceritakan tentang proses bagaimana akhirnya Gie bisa berkolaborasi dengan Dan Sultan di akhir acara dan ternyata di kolaborasi tersebut, mereka tidak sempat latihan terlebih dahulu. “Kolaborasi dengan Dan sebenarnya sudah lama dibahas dan jadi prioritas utama. Namun, ada kendala sehingga lagu baru dapat dipastikan sekitar H-5. Bisa dibilang ini full jamming karena kami tidak ada kesempatan untuk latihan bersama. Beruntunglah Dan tidak masalah dengan aransemen ala-ala dari Gie,” bebernya.

Selain itu, Wimar mendengar kabar dari Embassy Australia yang mengatakan konser ini juga jadi salah satu bukti nyata untuk mereka bahwa kolaborasi semacam ini mungkin sekali untuk dilakukan lagi. Mereka tidak menutup kemungkinan untuk membawa musisi Australia lainnya untuk tour di Indonesia.

Sebelum perbincangan kami berakhir, Wimar membocorkan rencana dan target yang akan dilakukan oleh Gie dalam waktu dekat. “Gie sekarang sedang menyiapkan video clip baru untuk lagu yang ada di album ‘Kamar Malas’. Pengerjaannya dibantu oleh teman-teman comotan Gotbluesyou Management dan Spasi Creative. Clip tersebut melibatkan penulis dan musisi Judith Chung serta Ocha sebagai lawan main. Rilis clip sudah ditentukan pada tanggal 14 Desember. Rencananya bakal ada screening dan diskusi,” katanya.

Buat TemanBaik yang penasaran tentang update terbaru dari band Gie dan kira-kira screening video clip tanggal 14 Desember besok akan diadakan di mana, pantau saja akun instagram mereka di @gieofficial ya.

Foto: Hanni Prameswari


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler