Tarsiustua Rilis Single Perdana Berupa Soundtrack Film Pendek

Yogyakarta - Tarsiustua merupakan sebuah proyek musik yang lahir dan tumbuh di Jogja sejak pertengahan tahun 2015. Proyek musik ini diinisiasi oleh Ridho Afwan Rahman, solois kelahiran tanah Balikpapan. Berbekal dengan satu gitar akustik, Ridho pun mantap memutuskan untuk berkarya dan menorehkan jejaknya di kancah musik Indonesia dengan memakai nama Tarsiustua.

Beberapa tahun ke belakang, Tarsiustua cukup aktif bereksperimen dalam menggarap soundtrack untuk beberapa film pendek bergenre drama di dunia perfilman Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang juga merupakan almamaternya.

Proses eksplorasi itu lantas menjadi stimulan yang menarik baginya, hingga akhirnya ia memutuskan untuk mulai menggarap lagu-lagunya sendiri.

Baca Ini juga Yuk: Ranu Pani Kembali Hadirkan Single Terbaru 

Baru-baru ini, Tarsiustua akhirnya berhasil merilis sebuah single berjudul 'Enggan Patah' ke berbagai layanan musik digital setelah dua tahun lamanya hanya mengendap sebagai data offline. Single tersebut merupakan original motion picture soundtrack di film pendek bergenre drama yang berjudul 'dua belas Jam’ garapan Luzd Works, produksi tahun 2017.

Proses interpretasi yang cukup mendalam terhadap nuansa film tersebut dipasrahkan sepenuhnya kepada Tarsiustua hingga menjadi sebuah lagu yang utuh. Sesuai dengan cerita yang diusung di film 'dua belas Jam', single 'Enggan Patah' berkisah tentang seseorang yang enggan menghilangkan harapannya, tetapi berusaha tetap menjaga keyakinan tanpa harus kecewa dengan keadaan.

Single 'Enggan Patah' dikerjakan dengan memanfaatkan pola rekaman rumahan yang keseluruhan vokal dan instrumen gitarnya diisi oleh Tarsiustua seorang diri. Kemudian, ia menggandeng Pandu Maulana, teman satu kontrakannya sebagai audio engineer sekaligus pengisi instrumen harpa dan piano, hingga menggarap proses mixing hingga mastering. Sedangkan artwork untuk lagu 'Enggan Patah' ini diambil dari potongan shot film 'dua belas Jam'.

"Semoga lagu ini menjadi awalan yang baik, hingga nantinya berkesempatan untuk merilis materi yang jauh lebih segar," harap Tarsiustua lewat sebuah rilis yang diterima BeritaBaik. Enggak hanya itu, ia juga sempat memberi bocoran bahwa single 'Enggan Patah' ini nantinya akan dirilis dalam format video musik, loh.

Nah, sembari menunggu video musiknya rilis, yuk kita dengarkan terlebih dahulu versi audio dari single 'Enggan Patah (Original Motion Picture Soundtrack)' karya Tarsiustua yang sudah dilempar ke berbagai layanan musik digital sejak awal Februari tahun ini.

Foto: dok. Tarsiustua

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler