Yuk! Belajar dan Mengenal Alat Musik Tradisional Karinding

Bandung - TemanBaik, tahu alat musik Karinding? Ya, alat musik ini tradisional ini berkembang dan populer di Jawa Barat. Sekarang, karinding tak jarang nampil bersama ensembel musik lainnya. Contoh yang populer dikenal adalah saat grup band NOAH menggaet Karinding Attack untuk berkolaborasi di salah satu lagunya, medio 2012 silam.

Sebenarnya, karinding itu sendiri alat musik apa sih? Yuk kita berkenalan! Rabu (12/2/2020), BeritaBaik berkesempatan membahas seputar karinding bersama Hinhin Agung Daryana, yang merupakan Dosen di Prodi Angklung dan Musik Bambu, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Selain itu, ia juga aktif bermusik bersama grup metal asal Bandung, Nectura.

Kepada BeritaBaik, Hinhin memaparkan, karinding itu sendiri berkembang di beberapa wilayah di Jawa Barat, seperti Cicalengka, Cianjur, dan Tasikmalaya. Masing-masing daerah tersebut memiliki cerita atau versi-nya masing-masing mengenai karinding.

"Secara umum, masyarakat Indonesia masih kental akan kehidupan agraris seperti bertani, atau bercocok tanam. Nah, karinding ini (fungsinya), menurut beberapa penelusuran, memang berangkat dari sana," ujar Hinhin.

Kehidupan agraris yang dimaksud adalah fungsi karinding yang berkaitan dengan acara hajatan yang berkaitan dengan kegiatan bercocok tanam seperti musim panen atau menanam. Kendati dianggap sebagai alat musik dari Jawa Barat, sebetulnya, di seluruh wilayah Indonesia, ada juga alat musik serupa karinding namun tak begitu populer.

Di luar itu, karinding juga menjadi salah satu media pergaulan atau instrumen yang dimainkan pada waktu luang. Seiring perkembangannya, karinding terus berkembang menjadi salah satu instrumen dalam pertunjukan musik. Titik baliknya terjadi di medio 2008, saat kelompok musik Karinding Attack pertama kali muncul.

Baca Ini Juga Yuk: Stars and Rabbit Rilis Single & Video Musik 'Any Day in the Park'

Hinhin menilai, kehadiran kelompok musik itulah yang menjadi titik balik, meski sebelum kemunculan Karinding Attack, sudah ada juga beberapa kelompok musik dengan tema karinding. Setelah kemunculan grup musik ini, segala yang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan karinding pun ikut bermunculan.

"Balik lagi, di Karinding Attack itu kan memang ada sosok atau figur yang sudah punya pendengar sebelumnya. Pendengar dari sosok ini kan bawa pengaruh juga, mereka mengikuti apa yang idolanya itu sedang geluti," katanya.

Bentuk dan Cara Memainkan
Karinding memiliki bentuk memanjang, dengan panjang sekira 15 sampai 20 sentimeter, dan lebar sekira 1 hingga 2 sentimeter. Ada 4 bagian dalam karinding yang dinamakan 'paneunggeul (bagian yang dipukul), dua buntut lisa (bagian yang bergetar), pembatas lidah getar (bandul tengah) dan panyekel (bagian ujung karinding). Bentuk karinding yang praktis, simpel, dan mudah dibawa ke mana saja menjadi daya tarik tersendiri bagi kita yang berniat mempelajari alat musik ini.


Foto: wikipedia.org/ilham nurwansyah

Hinhin menyebutkan, untuk bermain karinding, hampir tak dijumpai kesulitan karena memang tidak ada teknik tertentu yang harus dikulik, sehingga TemanBaik akan bisa memainkan alat musik ini hanya dalam kurun waktu 5 sampai 10 menit setelah memiliki alat ini. Syaratnya adalah dengan membeli dulu karinding-nya. Proses eksplorasi baru akan terjadi jika TemanBaik berencana menggunakan alat ini sebagai kebutuhan penampilan di panggung.

"Nantiya, saat manggung itu kan akan ada sangkut pautnya sama penggunaan mic, terus sama karakter suara apa yang mau kita kejar," jelasnya.

Hal itu tak jauh dari perbedaan secara fisik bentuk anatomi tubuh manusia seperti mulut yang digunakan untuk memainkan alat musik ini. Untuk setelan nada (tuning), secara umum karinding merupakan alat yang tidak bisa disetel. Namun, jika kita berencana memadukan musik barat dengan karinding, kita bisa memesan ke pengerajin atau pembuat karinding ini tangga nada tertentu yang kita perlukan.

Tidak beda jauh dengan membeli alat musik lain yang menggunakan unsur kayu seperti gitar atau bas, untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus dari sebuah karinding, kita harus mendapatkan dulu bahan baku kayu yang bagus.

"Biasanya, bagus atau tidaknya kualitas dari pengrajin karinding nyebar-nya dari mulut ke mulut. Ada orang yang coba beli di pengrajin A misalnya, dan orang itu puas. Dia akan bilang ke temennya yang lagi nyari karinding. Jadi belum jomplang seperti kita mau beli gitar, begitu," jelasnya.

Akan tetapi, merujuk ke beberapa penelitian, karinding yang terbuat dari pohon kawung saerah (enau) mempunyai kualitas yang lebih baik karena suara yang diproduksi akan lebih nyaring dan mempunyai daya tahan yang kuat.

Perkembangan dan Nilai Positif
Saat ini, bermunculan banyak grup musik yang membawa unsur karinding ke dalam sajian musiknya. Hinhin menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang positif. Menurutnya, berkenalan dengan identitas kebudayaan sendiri bisa dimulai dari pendekatan musik.

"Beberapa kali saya lihat, ada karinding masuk distro. Artinya, ada permintaan pasar dong kalau begitu. Nah, saya melihat ini hal yang bagus banget. Kita jadi tahu identitas kita," kata Hinhin.

Hanya yang menjadikan karinding menarik untuk dikaji lebih dalam adalah uniknya proses kemunculan alat musik ini. Seperti dijelaskan sebelumnya, di tiap daerah karinding memiliki cerita dan sejarah yang berbeda-beda.

Selain itu, banyak juga hal terkait dengan karinding yang ikut tereksplorasi dengan nge-tren kembalinya alat musik ini. Seperti misalnya kegiatan yang berkaitan dengan karinding, yang tentunya punya nilai sejarah. Meluasnya eksplorasi mengenai karinding lewat unsur lain yang beririsan akan membuat fakta tentang karinding bakal terekspos lebih dalam.

Selain itu, kembali pada fleksibilitas alat musik ini untuk dipelajari; dari bentuk yang kecil, teknik bermain yang relatif mudah, rasanya bukan mustahil karinding akan semakin mendunia karena mudah digenggam siapapun.

Bagaimana, TemanBaik? Sudah tertarik untuk belajar karinding?

Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id

Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler