KRANS Sampaikan Keresahan Fenomena Hoaks di Single Terbaru

Yogyakarta - Setelah melempar single perdana berjudul ‘Dalam Diam’ pada bulan September tahun lalu, kini KRANS kembali merilis sebuah single terbaru bertajuk ‘Ruang Tengah’. Band drama-pop asal Yogyakarta yang terbentuk pada akhir 2017 ini terdiri dari Shofa Aditama (vokal) dan Saga Satria (bass).

Di era digital seperti saat ini, disinformasi yang kerap dikonsumsi oleh warganet rasanya telah menjadi hal yang “dianggap” lumrah. Berita-berita yang masih dipertanyakan sumber dan kebenarannya dengan begitu mudahnya dibagikan kepada sesama warganet.

Walaupun fenomena tersebut meresahkan banyak orang, tetapi masih sedikit yang berani menyuarakan. KRANS jadi salah satu dari sedikit pihak yang berani menyuarakan keresahan akan berita hoaks tersebut lewat lagu ‘Ruang Tengah’.

“Bentuk kekhawatiran ini karena kita telah beranggapan bahwa banyak peristiwa mudah dikemas secara rancu yang menyebabkan ricuh,” kata Saga Satria lewat rilis yang diterima BeritaBaik.

Menurut Saga, banyak juga kasus yang disebabkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan bahan adu domba, sehingga warganet pun jadi mudah terprovokasi. Pendapat Saga lantas disambung oleh Shofa Aditama. Shofa berpendapat, bahwa walaupun demokrasi tidak melarang untuk berpendapat, tetapi demokrasi yang baik adalah demokrasi yang memanusiakan manusia.

“Ini sebagai batas pengingat, apakah demokrasi itu bebas berpendapat atau bebas membenci? Seakan semuanya seenaknya sendiri ketika menyuarakan pendapat dengan dalih negara kita negara demokrasi,” sambungnya.


‘Ruang Tengah’ merupakan perantara KRANS dalam menyuarakan keresahan akan fenomena disinformasi yang tersebar dan diterima masyarakat luas. KRANS menyampaikannya lewat lirik yang tajam serta aktual, cenderung berbeda dengan lagu KRANS sebelumnya.

Dalam menggarap single ‘Ruang Tengah’, KRANS berkolaborasi dengan Anshar Aziz Machmuda yang didapuk sebagai produser sejak rilisan pertama, serta mempercayakan Vicky Unggul Bramantyo untuk memberikan sentuhan di akhir lagu.

Sedangkan artwork ‘Ruang Tengah’ merupakan foto peristiwa kerusuhan pada tahun 2019 di depan gedung pusat Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) yang diambil oleh Yusuf Mustakim. ‘Ruang Tengah’ sudah dapat TemanBaik dengarkan di berbagai layanan musik digital sejak 21 Februari 2020.


Foto: dok. KRANS

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler