Scorpions Siap Sengat Panggung Berlidah di JogjaROCKarta #4!

Yogyakarta - Setelah berhasil menghadirkan banyak band ternama bertaraf internasional ke Yogyakarta sejak tahun 2017 seperti Dream Theater, Megadeth, hingga Extreme dan Power Trip pada November 2019 kemarin, kini JogjaROCKarta Festival kembali digelar dan memanjakan para penggemar musik cadas pada 1 Maret 2020 dengan kembali bertempat di Stadion Kridosono, Jl. Yos Sudarso No.9, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

Di edisi JogjaROCKarta #4 ini, giliran Rajawali Indonesia selaku promotor memboyong band asal Jerman, Scorpions dan Whitesnake yang berasal dari Inggris sebagai sajian utama. Performer internasional lainnya, yakni The Hu yang berasal Mongolia juga sudah siap menyuguhkan aksi panggungnya. Selain itu, tentu saja TemanBaik juga bisa menonton penampilan ciamik dari band-band ternama kebanggaan Indonesia, seperti God Bless, Death Vomit, Powerslaves, Navicula, hingga Kelompok Penerbang Roket (KPR).

Dengan deretan line-up yang mereka boyong kali ini, Anas Syahrul Alimi selaku founder JogjaROCKarta Festival & CEO Rajawali Indonesia membeberkan faktor lain yang menjadikan JogjaROCKarta #4 ini nampak berbeda dan lebih spesial dibandingkan acara sebelum-sebelumnya, salah satunya karena panggung kali ini berukuran 34m x 12m.

“Pembeda lainnya adalah, kali ini kita menggunakan panggung yang sangat besar daripada panggung di acara kami sebelum-sebelumnya dan kali ini ada tambahan lidahnya dengan panjang sekitar 9 meter. Penambahan lidah panggung ini atas permintaan khusus dari pihak Scorpions,” bebernya pada Sabtu (29/2) sore dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Ebony Lounge, Hotel Tentrem, Jl. P. Mangkubumi No.72A, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

Persiapan produksi yang dilakukan oleh pihak penyelenggara kali ini juga nampak sangat maksimal, bahkan sudah dimulai sejak seminggu sebelum hari-H. “Loading dan persiapan teknis atau produksi sudah dimulai dari tanggal 22 Februari 2020, karena kami ingin memberikan hasil output yang sangat bagus dan nyaman di telinga penonton, dan sekarang sudah sangat ready,” tutur Bakkar Wibowo selaku Co-Founder sekaligus Project Director JogjaROCKarta Festival.

Selain itu, Anas Syahrul Alimi menggambarkan bagaimana perasaan yang dialaminya selama proses penggarapan JogjaROCKarta #4 ini. “JogjaROCKarta #4 ini juga yang paling bikin deg-degan, selain dulu Dream Theater yang harus pindah dari Prambanan ke Kridosono. Ini lebih deg-degan lagi karena ada 2 efforts yang harus kita hadapi. Pertama, tentang isu Corona virus. Kedua, karena Klaus Meine (vokalis Scorpions) baru saja melakukan tindakan operasi ginjal di tengah-tengah tur Australia dan Asia Tenggara,” akunya.

Beruntung, segala kekhawatiran tersebut segera terobati karena pihak Scorpions memberi konfirmasi bahwa Yogyakarta tetap sesuai jadwal, tidak dibatalkan ataupun ditunda seperti negara-negara lain. Anas Syahrul Alimi kemudian menambahkan informasi bahwa JogjaROCKarta #4 ini akan jadi penampilan perdana Scorpions di Yogyakarta setelah mereka pernah menyambangi Indonesia untuk kesekian kalinya, yakni ke Bandung pada tahun 2001, serta Jakarta dan Bali pada tahun 2004.

Klaus Meine yang turut hadir bersama segenap personel Scorpions dalam konferensi pers tersebut lantas berceloteh bahwa Scorpions pernah merilis lagu berjudul ‘When You Came Into My Life’ dengan 2 komposer asal Indonesia, yakni Titiek Puspa dan James F. Sundah. “Lagu tersebut tidak akan kami bawakan di JogjaROCKarta #4, tapi kerjasama itu sudah jadi bagian yang tidak terpisahkan,” kenangnya.

Selain itu, JogjaROCKarta #4 juga akan jadi penampilan perdana bagi Whitesnake untuk menyapa para penggemarnya di Indonesia. Walaupun Whitesnake baru pertama kali datang ke Indonesia, tetapi David Coverdale, vokalis Whitesnake sekaligus mantan vokalis Deep Purple ternyata pernah datang ke Indonesia bersama Deep Purple pada tahun 1975. 

Sebelum konferensi pers berakhir, Anas Syahrul Alimi mengungkapkan bahwa JogjaROCKarta #4 juga dijadikan sebagai ajang pertemuan antara David Coverdale dengan Godbless yang pernah tampil bersama saat memperkuat Deep Purple tahun 1975 di Jakarta.

Lalu, Bakkar Wibowo seolah mengamini pernyataan Anas Alimi. “Whitesnake ini nanti juga bakal cukup menarik karena David Coverdale tahun 1975 pernah ke Indonesia bareng Deep Purple dan Godbless ikut perform saat itu. Godbless nanti menjanjikan akan banyak membawakan lagu dari album kedua mereka, seperti lagu ‘Selamat Pagi Indonesia’ dan ‘Insan Sesat’,” pungkasnya.

Tiket JogjaROCKarta #4 masih bisa TemanBaik dapatkan langsung on the spot di Stadion Kridosono pada 1 Maret 2020 loh, mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB dengan kelas VIP seharga 2 juta Rupiah, Festival A seharga Rp 1,4 juta Rupiah, dan Festival B seharga 900 ribu Rupiah, sudah termasuk pajak dan biaya admin. Informasi lengkap mengenai rundown acara, bisa kalian pantau di akun Instagram, Twitter, dan Facebook @JogjaROCKartaFestival, ya.

Bagi TemanBaik yang belum bisa datang dan nonton langsung ke lokasi JogjaROCKarta #4, enggak perlu khawatir. Kalian bisa menyaksikan live streaming dengan cara mengaktifkan channel iKonser di USee TV channels 459SD - 949HD.

Foto: Hanni Prameswari

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler