Debutan Asal Bandung Mournful Merilis Single 'Mute Truths'

Grup musik asal Bandung, Mournful belum lama ini merilis single bertajuk 'Muted Truths'. Single ini merupakan debut untuk band yang dipunggawai Mirza P. Wardhana (vokal/gitar), Gemma Buana (bas), dan Rizki Firmansyah (drum).

Proses perekaman lagu ini memakan waktu cukup singkat, dimulai pada awal Desember 2019, lagu ini rampung dalam kurun 2 bulan saja dengan melibatkan beberapa musikus dan teknisi seperti Fachrur Riaz yang dipercaya mengisi bagian synthesizer pada lagu ini dan Irsyad Sofi sebagai operator. Lagu ini dirilis dibawah naungan Orange Cliff Records.

Muted Truths bercerita tentang proses pencarian kontemplatif seseorang untuk menemukan sebuah kebenaran. Dalam keterangan resminya, Mirza menyebutkan lagu ini kurang lebih menggambarkan tentang seseorang yang telah mencapai sebuah fase dihadapkan dengan banyak perasaan, kebohongan atau pun rahasia yang selama ini terpendam, hingga akhirnya banyak pertanyaan bermunculan di kepalanya.

Baca Ini Juga Yuk: 'Musmob', Mobil Toko Musik Nyentrik dari Bandung

Secara musikal, mereka nampak menyajikan warna yang seolah gelap dibalut beberapa noise bunyi dari efek suara maupun karakter vokal Mirza, yang terdengar seperti mengutuk sembari melantunkan lirik. Jika di awal lagu, mereka menyajikan musik dengan dinamika yang tak cenderung datar, maka sepertiga lagu, dinamika nampak berubah dan cenderung lebih naik. Masuknya bebunyian dari efek instrumen dan vokal Mirza yang nampak memberontak menjadikan lagu ini punya beberapa nuansa.

Terkait visual yang disajikan pada lagu ini, basis Gemma Buana menyebutkan sebuah potret dari Celepuk Sulawesi (Otus Manadensis) atau Burung Hantu Pendeta dipilih sebagai sampul (cover) dari lagu 'Muted Truths'. Foto tersebut merupakan hasil tangkapan ibunda Gemma, Siti Rochayatun, saat beliau melangsungkan perjalanan ke Gunung Tangkoko, Batuangus, Sulawesi Utara.

"Burung tersebut saya ibaratkan sebagai pendeta sungguhan yang menemani seorang dalam menyatakan seluruh hal (kejujuran) di dalam bilik pengakuan dosa yang akhirnya menjadi sebuah kejujuran yang terpendam yang hanya dinketahui antara subjek,pendeta, dan tuhan," ungkap Gemma dalam keterangan resminya.

Saat ini, 'Muted Truths' sudah dapat TemanBaik dengarkan di berbagai platform musik digital seperti Spotify atau Deezer. Sudah dengar lagunya?

Foto: dok. Mournful

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler