Tak Ada Jadwal Manggung, Musikus Ini Siap Temani Kamu #DiRumahAja

Bandung - Pandemi global virus corona dalam kurun waktu kurang dari sebulan berdampak pada kegiatan di industri musik. Seluruh aktivitas yang memicu keramaian publik sementara ini tidak diizinkan, salah satunya adalah acara pagelaran musik. Sejak kemunculan virus ini di Indonesia, tercatat ada berbagai acara musik sampai konser tunggal yang akan dihelat oleh berbagai musikus Tanah Air batal. Sebagian musikus akhirnya memutuskan berkegiatan di rumah.

Berkegiatan #DiRumahAja bukan berarti menghilangkan produktivitas mereka. Justru, beberapa musikus jadi lebih kreatif dengan membuat konten untuk tetap menemani pendengar setianya. Beragam konten disajikan mulai dari konser daring, podcast, sampai sesi rekaman akustik di rumah. Dalam konten yang diunggahnya, para musikus ini juga mengajak kita untuk sebisa mungkin berkegiatan dari rumah saja, untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Lalu, apa saja yang akan ditampilkan para musikus ini untuk menemani kegiatanmu selama #DiRumahAja? Yuk kita simak!

Danilla Buat Live Session Daring
Lewat akun instagramnya, solois Danilla Riyadi mengumumkan dirinya dan band pengiring akan memainkan musik di rumah dan ditayangkan lewat daring. Video ini akan tayang di kanal YouTube miliknya.

"Saya dan se-band, se-team akan main musik dengan sistem digital live streaming di YouTube saya yang tautannya ada di foto ini," tulis Danilla di akun Instagramnya.

Tanggal showcase virtual tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat, yang pasti, Danilla menyebut showcase virtual ini akan digelar pada bulan Maret.

                                                                                     Foto: www.instagram.com/rocket_rockers
Rocket Rockers Luncurkan 'Poker'
Sisa agenda 'rockshow' (sebutan untuk jadwal manggung Rocket Rockers) di bulan Maret ini mayoritas urung digelar. Namun, trio pop punk asal Bandung tersebut tak kehabisan akal untuk tetap dekat dengan pendengar setianya. Belum lama ini, band beranggotakan Aska (Vokal & Gitar), Bisma (Bass) dan Ozom (Drum) tersebut baru saja merilis konten Poker (Podcast Rocket Rockers & Friends). Pengumuman itu disebarkan melalui akun Instagram resmi mereka.

"Cheers from Rocket Rockers Friends! Menemani situasi rebahan saat ini silahkan nikmati episode 0 perkenalan POKER (Podcast-nya Rocket Rockers & Friends) yang sudah tayang di Spotify," tulis akun Instagram @rocket_rockers.

Mereka juga menyebutkan ke depannya, podcast ini akan tayang seminggu sekali. Kamu sudah dengar mereka ngobrol apa di podcast episode 0 dari Poker ini?


                                                                              Foto: www.instagram.com/marcello_tahitoe
Ello Buat Sesi Rekaman di Rumah
Solois Marcello Tahitoe atau dikenal dengan panggilan Ello ini menemani aktivitas #DiRumahAja para penggemarnya lewat sesi rekaman akustik. Di kanal YouTube miliknya, ia mengunggah dirinya sedang memainkan lagu 'Yang Ku Nanti' yang merupakan single lamanya dari album Taub Mumu yang dirilis tahun 2012 silam.

Selain itu, Ello juga menggandeng musikus Glenn Fredly untuk mengemas ulang lagu 'You Are So Beautiful' dari Joe Cocker ke dalam format akustik. Lagu ini merupakan ciptaan Billy Preston dan Bruce Fisher di tahun 1974.

"(Lagu ini) kita dedikasikan untuk para dokter, medis, perawat yang kerja sepenuh hati di garda paling depan buat kemanusiaan," tulis Ello dalam keterangan video di unggahan Instagramnya.


                                                                               Foto: www.instagram.com/naviculamusic

Navicula Gelar Konser Daring Bertema Corona
Dalam keterangan resminya, Navicula menyebutkan dampak dari pandemi global bukan perkara dampak virusnya bagi kesehatan saja, melainkan berdampak pada aspek ekonomi, sosial dan budaya. Apalagi sebagai musikus, mereka harus membatalkan beberapa acara yang melibatkannya sebagai penampil.

Namun, mereka tak kehabisan cara untuk tetap bisa menemani pendengarnya. Pada Jum’at (20/3/2020) mendatang, band ini akan menyuguhkan penampilan dari rumah lewat live session berjudul Corona Concert by Navicula. Tayangan konser mereka ini dimulai pukul 20.00 WIB. Kamu bisa kunjungi akun Instagram @naviculamusic untuk info lebih lanjut.


                                                                                   Foto: www.instagram.com/gigibandofficial
GIGI Gelar Konser Tanpa Penonton
Berbeda dengan ketiga musikus yang berkegiatan #DiRumahAja, band legendaris Tanah Air GIGI akan menggelar konser tanpa penonton di Balai Sarbini, Jakarta pada malam ini, Kamis (17/3/2020). Konser bertajuk 'Satu Janji GIGI' tersebut merupakan konser ulang tahun mereka yang ke-26. Konser ini melibatkan sejumlah nama musikus seperti Judika, Rizky Febian, Eross Candra, Anji, dan masih banyak lagi dan akan tayang di salah satu stasiun televisi swasta pada pukul 19.00 malam nanti.

"Sebelum pemerintah Indonesia memberlakukan social distancing atau gerakan #DiRumahAja (karena pandemi global COVID-19), kami dan para pendukung ultah 'Satu Janji GIGI' dan seluruh kru sudah melakukan latihan intensif. Insha Allah hari ini kami tetap ada di Balai Sarbini dan nanti diberlakukan konser tanpa penonton. Doakan kami," tulis vokalis GIGI, Armand Maulana dalam unggahan di akun Instagramnya.

Baca Ini Juga Yuk: Lewat Lagu Barunya, Zara Leola Ajak Pendengar Untuk Berani Bicara

Tak hanya di Indonesia sebetulnya, upaya musikus untuk tetap menghibur para penggemarnya lewat pertunjukan atau konten kreatif yang disiarkan secara daring jauh-jauh hari sudah banyak dilakukan. Sebut saja vokalis Coldplay Chris Martin yang menggelar 'mini gig' dan disiarkan langsung di akun Instagram. Video tersebut juga sudah diunggah di IGTV akun Instagram Coldplay sehingga kamu yang terlewat dengan pertunjukan virtual ini bisa menontonnya kembali. Selain itu, ada juga nama John Legend yang menyajikan konser virtual dari rumahnya. Ia kemudian 'menantang' Charlie Puth untuk melakukan hal yang sama, membuat konser virtual tanpa bersentuhan dengan orang banyak dengan tujuan menghambat penyebaran virus corona.

Nah, untuk kamu yang batal ke konser musik karena acaranya dibatalkan, jangan berkecil hati ya. Lebih baik #DiRumahAja dan dukung terus musikus kesayanganmu dengan cara menonton pertunjukkan yang disajikan musikus ini via daring, atau membeli merchandise-nya secara daring.

Lalu, musikus mana yang kamu harapkan untuk segera menggelar pertunjukan daring selama kamu #DiRumahAja?

Foto: dok. www.instagram.com/danillariyadi


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler