Diskoria Berkolaborasi Dengan Dian Sastro di Single Terbarunya

Jakarta - Kolektif musik Diskoria yang dikenal lewat penampilan duo DJ, Merdi Leonardo dan Fadli Aat baru saja melepas single bertajuk 'Serenata Jiwa Lara' pada Selasa (17/3/2020) silam.

Lagu ini menjadi spesial karena mereka mendedikasikan lagu yang baru saja dirilis untuk kampanye penggalangan dana yang ditujukan kepada Yayasan Irama Nusantara. Menariknya lagi, pada lagu ini, mereka menampilkan aktris Dian Sastrowardoyo sebagai pengisi vokal utama.

"Serenata Jiwa Lara bagi kami adalah sebuah perayaan sekaligus perayaan,” ungkap Diskoria dalam keterangan resminya.

Perayaan yang mereka maksud adalah bagaimana kita bisa tetap menemukan terang di tengah suasana yang redup. Sedangkan pernyataan adalah kontribusi yang mereka lakukan untuk berbuat sesuatu bagi kemajuan musik Indonesia. Seluruh hasil komersial dari penjualan lagu ini nantinya akan mereka sumbangkan kepada Yayasan Irama Nusantara, sebuah yayasan yang secara konsisten mengarsipkan musik Indonesia dari masa ke masa.

Eksplorasi yang dilakukan Laleilmanino dalam lagu ini sangat kontras bila dibandingkan lagu yang sebelumnya dirilis Diskoria, yakni 'Balada Insan Muda'. Yang paling menohok adalah dari unsur lirik. 'Serenata Jiwa Lara' seolah menggambarkan suasana cinta yang kandas, namun disikapi tidak dengan kesedihan, namun dengan tarian dan rasa senang.

Meski sekilas terasa lebih kompleks dari pendahulunya, 'Balada Insan Muda’, secara umum lagu ini cukup mudah dicerna. Balutan synthesizer dan irama disko pada divisi rhtym section sebagai latar di belakang lengking suara Dian Sastro sangat identik dengan gaya bermusik Diskoria sehingga siapapun yang pernah mendengar lagu Diskoria sebelumnya, pasti tak akan kehilangan jejak saat mendengarkan 'Serenata Jiwa Lara'.



Baca Ini Juga Yuk: Mengarsipkan Perjalanan Musik Indonesia Bersama Irama Nusantara

Ide untuk menghadirkan Dian Sastrowardoyo pada single ini berawal dari keinginan Diskoria yang kemudian disampaikan oleh Nino.

"Membujuk Dian untuk ikut bernyanyi di sini bukan hal yang mudah. Untung saja beliau mau dan hasilnya menurut kami luar biasa," ujar Anindyo Baskoro, atau Nino yang juga aktif bermusik dalam grup musik RAN.

Kendati mungkin bukan menjadi penampilan perdana Dian di dunia musik, tetapi Nino meyakini bahwa 'Serenata Jiwa Lara' adalah hasil produksi musik terbaik yang pernah disinggahi Dian Sastro.

Sementara itu Dian Sastro melihat proyek ini sebagai sesuatu yang menyenangkan. Musik bukanlah hal yang baru bagi Dian. Semasa SMA, Dian dikenal aktif bermusik dan memiliki band. Alasan itu juga yang melandasi Diskoria berani menggandeng Dian.

"Menyanyi merupakan hobi bagi saya, dan saya bukanlah seorang penyanyi profesional serta tidak ada niat untuk berkarir di bidang musik," kata Dian. Keterlibatannya dalam single ini tak lepas dari keinginannya untuk berkontribusi dan memberikan apresiasi terhadap pelaku musik di Indonesia.

'Serenata Jiwa Lara' juga hadir dalam format video musik yang disutradarai Anton Ismael dan bisa TemanBaik dengarkan juga melalui berbagai platform musik digital. Bila kamu menemukan lagu ini di platform digital, nah, artwork lagunya dibuat oleh gitaris White Shoes & The Couples Company, Saleh Husein dengan lukisan tangan.

Sudah dengar lagunya belum, TemanBaik?

Foto: dok. Diskoria

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler