Aksi Baik Musisi Balada Bikin Lagu Tentang Corona

Bandung - TemanBaik, di tengah kewaspadaan dan rasa takut publik dengan virus corona atau COVID-19, ada aksi baik yang dilakukan musisi balada Bandung bernama Ferry Curtis. Bersama Komunitas Langkah, Ferry merilis lagu berjudul 'Pulang ke Rumah (The Corona Song)'.

Lagu ini baru dikeluarkan akhir pekan lalu. Tujuan besarnya untuk mendukung kampanye #DiRumahAja. Ini sebagai bentuk pencegahan penyebaran dan penularan virus corona. Dengan lagu ini, publik diajak untuk lebih banyak menahan diri ke luar rumah jika memang dirasa tak begitu penting.

Total ada enam orang yang terlibat langsung dalam pembuatan lagu, rekaman, hingga pembuatan video klip lagu 'Pulanglah ke Rumah' tersebut. Proses penggarapannya sendiri memakan waktu sekitar enam hari.

"Ini sama seperti perjuangan rakyat sipil membela negara. Saya sebagai musisi berpikir bagaimana caranya ikut berpartisipasi bersama teman-teman di Komunitas Langkah untuk ikut berpartisipasi dalam menghadapi musibah ini," kata Ferry, Senin (23/3/2020).


Pria kelahiran Purwakarta tersebut berharap lagu itu menjadi sarana edukasi bagi publik dalam menghadapi virus corona. Selain itu, lagu ini juga untuk menggugah kesadaran publik bahwa virus corona berbahaya dan tak boleh dianggap enteng.

"Lagu ini sebagai kampanye edukasi bagi masyarakat, memberikan imbauan, memberikan ketenangan. Intinya, diam di rumah aja, (usahakan) jangan ke mana-mana," jelas Ferry.

Lagu itu juga bersifat dukungan sekaligus apresiasi bagi para pejuang di garda terdepan dalam penanganan virus corona, terutama tenaga medis dan para pekerja di bidang kesehatan. Lagu itu pun juga dipersembahkan bagi wartawan yang selama ini tetap bertugas meliput perkembangan seputar virus corona.

Tak Mau Menyanyikan Sendiri
Sebagai musisi balada, ia sebenarnya bisa menyanyikan sendiri lagu tersebut dengan alunan gitarnya. Tapi, ia tak mau menyanyikannya sendiri sehingga melibatkan beberapa orang lain agar lagunya terdengar lebih 'ramai'.

Vokal latar pun diisi beberapa orang. Hal itu untuk menggambarkan sekaligus memberi 'nyawa' bahwa lagu itu mewakili banyak orang. Bahkan, ada  vokal latar yang sengaja datang dari Jakarta untuk melakukan rekaman di Bandung.

Tak hanya itu, modal untuk rekaman hingga membuat video klip dilakukan secara mandiri oleh Ferry Curtis bersama Komunitas Langkah dan beberapa pihak terkait lainnya.

Menariknya, video klipnya sendiri tak menampilkan sosok Ferry meski sebagai penyanyi utama di lagu tersebut. Ia tak mau lagu itu dianggap sebagai momentum untuk mencari perhatian publik.

"Saya enggak ada di video klip itu karena saya juga enggak mau curi adegan," tutur Ferry.

Video klipnya sendiri mayoritas memperlihatkan perjuangan para tim medis dalam menangani kasus virus corona. Gambaran itu sebagai bentuk penyadaran publik bagaimana kerasnya para garda terdepan penanganan virus corona berjuang begitu hebat dan keras.

Siapkan Gerakan Lain
Untuk lagu 'Pulanglah ke Rumah', Ferry tak mempermasalahkan jika digunakan banyak pihak. Bahkan, ia mengaku akan dengan senang hati memberikan lagu tersebut jika memang tujuannya untuk kampanye dalam memerangi corona.

Tapi, jika untuk tujuan komersial, ada kompensasi tertentu yang diberlakukan. Itu pun tujuannya untuk penggalangan dana. Sehingga, jika dana terkumpul, ia akan memikirkan gerakan lainnya untuk kampanye positif tentang virus corona.

"Kalau untuk komersil, bisa izin dulu ke saya. Kalau terkumpul dana, kan bisa dipakai untuk (kegiatan) kampanye dalam bentuk lain," jelas Ferry.

Jika ingin menghubungi Ferry untuk kebutuhan komersial dengan lagu tersebut, kamu bisa menghubunginya melalui akun Instagram @ferrycurtis_ballads. Sementara jika kamu ingin mendengarkan lagu sekaligus video klipnya, saat ini sudah diunggah di beberapa channel Youtube, salah satunya di channel Tendy EAS.

Foto: Djuli Pamungkas/ BeritaBaik.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler