Keren! Paduan Suara Jarak Jauh Ala Telkom University Choir

Bandung - TemanBaik, tahu kan jika paduan suara biasanya menghadirkan para penyanyinya di satu tempat? Tapi, Telkom University Choir alias TelU Choir punya cara unik untuk melakukan paduan suara tanpa harus berkumpul. Intinya, paduan suara dilakukan dengan jarak jauh. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya yuk!

TelU Choir sengaja membuat program Virtual Choir di tengah pandemi virus corona saat ini. Sehingga, mereka bisa tetap beraktivitas, terutama dalam paduan suara, tanpa harus bertatap muka secara langsung atau berkumpul di satu lokasi.

"Dengan melakukan Virtual Choir ini diharapkan agar para anggota tim TelU Choir terus berprogres dalam menyanyi," kata Presidium 3 Tim Kompetisi Garuda Gana TelU Choir, Ryan Kurnia Pratama.

Dengan bantuan teknologi, paduan suara yang dihadirkan bisa tetap menjadi satu harmoni yang indah. Apalagi, secara kualitas, TelU Choir ini jelas sudah teruji para anggotanya karena kerap memenangkan kejuaraan paduan suara tingkat nasional dan internasional.

Ryan pun memberikan gambaran bagaimana paduan suara bisa tetap dilakukan. Caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi, khususnya gawai. Makin penasaran enggak TemanBaik?
Para penyanyi diminta merekam video mereka bernyanyi di rumah masing-masing. Nyanyian dan nada yang direkam pun sudah ditentukan. Setelah itu, mereka akan mengirimkan video berisi nyanyiannya.

Gabungan dari video-video itu kemudian disatukan agar membentuk harmoni yang indah untuk didengar. Sehingga, terbentuklah Virtual Choir yang bisa TemanBaik nikmati.

Video Virtual Choir itu diunggah ke kanal YouTube dan laman Instagram TV Telkom University Choir. Saat ini, sudah ada satu lagu yang berhasil dibawakan dan diunggah, yaitu Asmaul Husna. Dalam videonya, terlihat para anggota TelU Choir melantunkan Asmaul Husna diselingi potongan tayangan beberapa masjid.

Seminggu setelah diunggah, video ini sudah disaksikan lebih dari 4 ribu orang. Jika TemanBaik ingin menyaksikan bagaimana kerennya TelU Choir bernyanyi, lihat langsung deh di kanal Youtube atau Instagram TV mereka.

Alunan nada dan harmoninya benar-benar akan membuat kagum. Sebanyak 45 orang dari jarak jauh berhasil digabungkan seolah-olah mereka berada di satu tempat. Sosok hebat di balik itu adalah Aldo Randy Ginting dan Amilio Fahlevi sebagai komposernya.

Alasan Memilih Asmaul Husna
Ada tujuan tersendiri loh kenapa Asmaul Husna dipilih untuk jadi lagu pertama yang dibawakan TelU Choir. Melalui lagu itu, TelU Choir mengajak kepada seluruh warga Indonesia untuk saling menguatkan di tengah pandemi virus corona.

Lagu itu juga diharapkan menjadi cara untuk saling berbagi semangat dalm menghadapi pandemi yang ada. Di sisi lain, lagu itu juga diharapkan menjadi doa agar kondisi Indonesia kembali normal.

"Feedback yang diharapkan dari penonton yaitu bisa mengapresiasi karya tersebut dan penonton bisa berdoa bersama," ungkap Ryan.

Selain itu, TelU Choir juga punya tujuan lain. Mereka ingin memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat. Sehingga, meski banyak menjalankan aktivitas di rumah, warga bisa terhibur dengan apa yang dilakukan TelU Choir. Warga juga diharapkan terinspirasi untuk tetap produktif selama menjalankan gerakan #DiRumahAja.

"Melalui lagu ini diharapkan dapat menginspirasi dan menghibur penonton agar tetap produktif di tengah kondisi saat ini," tutur Ryan.

Foto: Tangkapan Layar/Telkom University Choir YouTube
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler