Rilis Single 'Vault', Dive Collate Buka Jalan Menuju Mini Album

Denpasar - Unit shoegaze asal Bali Dive Collate belum lama ini merilis satu single terbaru bertajuk 'Vault'. Perilisan single ini dilakukan dalam kondisi muram pandemi dan sang vokalis yang masih dalam proses menyelesaikan studinya di Rusia.

Sebelumnya, band beranggotakan  Pingkan Tumbelaka (main vocal, guitar rhythm), Putu Dedy Pradiska (Lead Guitar), dan Ida Bagus Aris Widiarsa (Back Vocal, Bass) ini sempat merilis mini album bertajuk 'Singles Jar'. Nah, lagu baru yang saat ini dirilis, sejatinya merupakan b-side yang tidak masuk dalam mini album tersebut.


Produksi single 'Vault' ini juga bukan tanpa cerita. Pertama, Dive Collate merekam single ini secara langsung (live) di Rock the Beat Studio, Denpasar. Selain itu, mereka harus kehilangan data master dari lagu tersebut! Kendati begitu, mereka masih menyimpan format mp3 dengan kualitas terbaik untuk disajikan ke pendengarnya.

"Jika kita percaya pada sesuatu yang kita dengar, lebih baik merekamnya," tulis Dive Collate dalam keterangan resminya.

Selain itu, dalam keterangan di kanal YouTube resminya, Dive Collate juga berupaya untuk tidak mengeluarkan energi negatif berupa keluh di tengah situasi pandemi yang harus dihadapi tiap orang saat ini.

Baca Ini Juga Yuk: Eka Gustiwana Ciptakan Lagu #DiRumahAja dalam 42 Bahasa Daerah

Membahas unsur musikalnya, 'Vault' secara umum di dominasi gitar dalam penyampaian melodi utama. Karena merupakan b-side dari mini album perdana mereka, rasanya wajar jika ada nuansa yang tak beda jauh bila kita mendengarkan lagu-lagu di mini album 'Singles Jar' dan membandingkannya' dengan single 'Vault'. Walau tak selugas pendahulunya, 'Choice dari mini album 'Singles Jar', namun kita harus berterima kasih kepada isian melodi gitar utama yang seakan menjadi identitas Dive Collate.

Lebih dalam lagi, bebunyian noise gitar juga menjadi ciri khas di lagu 'Vault'. Kendati hal itu sudah pernah mereka lakukan di mini album 'Singles Jar', namun dengan mengulangi hal sama, ini seakan menegaskan noise gitar sebagai bagian dari identitas musik mereka.

Dalam proses pengemasannya, single 'Vault' mempercayakan proses mastering kepada Dedy Pradiska, kemudian rilis di bawah naungan Anoa Records. Single ini diproyeksikan jadi gerbang pembuka menuju mini-album terbaru mereka yang rencananya akan dirilis pada tahun 2020 ini.

"Akan ada banyak 'amunisi' digital dari kami," tandasnya.

TemanBaik, saat ini 'Vault' dari Dive Collate sudah bisa kamu dengarkan di Spotify dan kanal YouTube mereka. Kamu sudah dengar lagunya belum?

Foto: dok. Dive Collate

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler