Hasil #DiRumahAja, Hindia Rilis Single ‘Ramai Sepi Bersama'

Jakarta - Musikus Baskara Putra yang tampil dengan entitas proyek musik solo Hindia, baru saja merilis single 'Ramai Sepi Bersama' pada Minggu (19/4/2020). Penggarapan lagu ini dikerjakan bersama dengan produser Rayhan Noor, yang sekaligus juga gitaris Hindia & Lomba Sihir, dan digarap selama masa karantina #DiRumahAja.

Masih memiliki nuansa senafas dengan album perdananya 'Menari Dengan Bayangan' yang dirilis akhir 2019 kemarin, kita akan menemukan kembali ramuan musik pop khas ala Hindia. Dengan musik bertempo sedang yang terdengar simpel tapi sesungguhnya terdiri dari banyak lapisan instrumen. Komposisi musik di lagu ini terasa begitu positif, baik dari pemilihan akor dan progesinya yang membalut dengan hangat lirik sentimentil yang dilantunkan oleh Baskara.

Lagu ini lahir dari kerja sama Hindia dengan sebuah provider telepon selular dalam rangka kampanye bulan Ramadhan yang dikerjakan di masa karantina awal. Saat Baskara dengan Rayhan ingin mencoba lebih produktif dengan menangkap apa yang dirasakan dalam bentuk lagu.

"Sekalian itung-itung latihan, produksi dan songwriting, dan waktu ada kesempatan, juga momen yang pas, akhirnya ada alasan kuat untuk dirilis sekalian. Ngga cuma bikin lagu aja," tulis Baskara dalam keterangan resminya.


Produksi lagu ini berbeda dengan karya yang sebelumnya pernah ia rilis. Pasalnya, Baskara mengerjakan lagu ini bersama Rayhan dengan nihil tatap muka dan 100% work from home, alias dari rumah mereka berdua masing-masing. Hal yang sama juga terjadi dalam saat proses rekaman musisi tambahan hingga ke proses mixing dan mastering. Semua dilakukan melalui jalur maya alias mengandalkan koneksi internet.

Rilisnya lagu 'Ramai Sepi Bersama' di tengah pandemi ini diharapkan dapat menemani produktivitas TemanBaik selama #DiRumahAja.

"Mungkin lagu ini sekiranya bisa jadi token kecil yang bisa nemenin kawan-kawan lain yang harus menjalani karantina ini dengan berbagai rintangannya masing-masing, baik di rumah atau jika terpaksa masih harus keluar rumah," jelasnya.

Baca Ini Juga Yuk: 'Killchestra', Dedikasi Burgerkill untuk Mendiang Ivan 'Sumbag'

Berbicara perihal "tetap waras" di rumah, Baskara sendiri mengandaikan kondisinya cukup waras di era karantina ini. Oleh karena itu, musikus yang juga aktif bersama grup musik .Feast ini mengaku sangat membatasi aktivitas di dunia maya yang mana ia menemukan informasi seputar pandemi global COVID-19 yang dianggapnya melelahkan.

Hikmah lainnya dari karantina ini adalah Baskara belajar musik lagi dari dasar. Baik itu piano, gitar dan vokal. Sedangkan yang di luar musik adalah dengan bercakap via dunia maya untuk mendengar suara kawan-kawan selain orang rumah agar tidak terlalu merasa terasa terisolasi.

Selain single ini, nampaknya karantia justru membuat Baskara tetap aktif dan produktif baik itu sebagai Hindia atau .Feast. Karena saat ini masih ada beberapa agenda di dalam kalender kerja mereka. Hal yang pasti tidak akan terburu-buru, menunggu waktu yang pas saja.

"Saya bersyukur punya orang-orang terdekat yang peduli satu sama lain dan mau saling mendengarkan di masa-masa sulit seperti ini," tutupnya.

Saat ini, 'Ramai Sepi Bersama' sudah bisa kamu dengarkan di berbagai platform digital. Bagaimana, sudah ada yang dengar lagunya?

Foto: dok. Hindia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler