Navicula Produksi Face Shield untuk Disumbangkan ke Tenaga Medis

Denpasar - Unit grunge asal Bali, Navicula memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield atau alat penutup wajah bersama Yayasan Kopernik. Hal ini sebagai bentuk dukungan pencegahan virus Covid-19 untuk disumbangkan kepada tenaga medis yang bertugas di garda depan.

Vokalis Navicula, Gede Robi menjelaskan dana yang digunakan untuk memproduksi face shield merupakan hasil penggalangan dana saat mereka menggelar Navicula Corona Concert 2 pada 11 April 2020 lalu. Dari dana yang berhasil dikumpulkan saat konser tersebut digunakan untuk pembuatan 3.500 buah face shield.

"Awalnya, kami berencana kami memproduksi 1.500 buah face shield dari dana sponsor. Ternyata setelah konser dana yang terkumpul cukup untuk memproduksi tambahan sebanyak 2.000 buah. Jadi saat ini target kami 3.500 buah,"ujarnya kepada BeritaBaik, Sabtu (2/5/2020).



Baca Ini Juga Yuk: .Feast Tuangkan Keresahan dalam Single ‘Di Padang Lumpuh’

Hingga saat ini sudah ada 2.516 buah face shield yang sudah selesai dibuat dan didistribusikan ke sejumlah instansi kesehatan di Bali. Di antaranya ke RSU Buleleng, Puskesmas Kubutambahan I, Singaraja, dan Dinas Kesehatan Klungkung, serta 2 Rumah Sakit dan 9 Puskesmas.

"Proses distribusi kami sesuaikan dengan rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang sudah memetakan mana yang membutuhkan dengan segera face shield ini agar tepat sasaran," jelas Robi.

Kata dia, face shield yang diproduksi sudah sesuai dengan standar medis yang ditentukan. Sebelum diproduksi secara massal mereka terlebih dulu menyerahkan prototipe ke Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali, Dinas Kesehatan, dan BNPB.

Selain memproduksi face shield, saat ini mereka juga tengah mengerjakan masker kain untuk disumbangkan. Berikutnya mereka berencana memproduksi hand sanitizer. Dananya akan mereka kumpulkan dengan menggelar konser daring lagi.

Foto: dok. Gede Robi

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler