Down For Life Sambut Kenormalan Baru dengan 'Apokaliptika'

Surakarta - Unit metalcore asal Solo, Down For Life belum lama ini melepas video lirik single terbaru mereka 'Apokaliptika'. Dalam keterangan resminya, mereka menulis, video lirik ini jadi gerbang pembuka untuk mereka menjalani kenormalan baru dan jembatan untuk peluncuran album penuh keempat.

Video lirik mereka dikerjakan oleh Kereta Badja, sebuah tim kerja visual yang berdomisili di Purwokerto. Mereka juga sering menggarap video lirik untuk label rekaman asal Amerika, Unique Leader Records. Visualisasinya berdasarkan artwork karya Jahlo Gomes. Video lirik diambil sebagai opsi terbaik saat ini karena kendala teknis untuk melakukan syuting. Juga untuk lebih mengenalkan lirik dari 'Apokaliptika' itu sendiri. Meski maknanya dikembalikan kepada persepsi masing-masing.

Sebelumnya, proses rekaman untuk lagu 'Apokaliptika' sendiri sudah dilakukan pada Oktober 2019 di Darktone Studio milik Blackandje Records di daerah Cijantung, Jakarta Timur. Menariknya, lagu ini awalnya berjudul 'Dead Shall Rise', yang kemudian berubah karena merespon kondisi yang ada. Stephanus Adjie mengusulkan untuk mengubah judul dan lirik dalam bahasa Indonesia agar lebih relevan. Lagu ini pun sempat beberapa kali dimainkan secara live dengan judul terdahulu. Rekaman vokal baru dilakukan bulan Maret 2020 di studio yang sama.


Baca Ini Juga Yuk: 'War', Video Klip Perdana dari The Sugar Spun

Musik dari lagu ini kemudian diaransemen oleh Rio Baskara dibantu oleh Isa Mahendrajati, Muhammad 'Abdul' Latief dan Ahmad 'Jojo' Ashar. Namun karena kesibukannya, Jojo digantikan Mattheus Amadeus Aditirtono saat rekaman. Sementara mixing digarap oleh Adria Sarvianto, merangkap produser bersama Stephanus Adjie dan mastering dikerjakan Benitho Siahaan.

Sentuhan musik dalam 'Apokaliptika' tidak terlalu jauh berbeda dari materi mereka sebelumnya. Sentuhan metal moderen berpadu dengan karakter musik Down For Life yang sudah matang menghasilkan aransemen yang solid. Namun, kali ini mereka membuat 'Apokaliptika' lebih heavy dengan balutan blasting drum yang rapat, riff gitar yang groovy dan pilihan sound yang cukup raw. Eksplorasi vokal Stephanus Adjie dengan growl dan scream yang pas juga menjadi daya tarik tersendiri dalam single ini.   

Selain merilis video lirik, Down For Life juga merilis ragam merchandise yang merupakan buah kerjasama dengan Blackandje. Untuk info lebih lanjut mengenai penjualan merchandise ini, TemanBaik bisa melipir ke akun Instagram resmi mereka @downforlifesolo.

TemanBaik, adakah diantara kamu yang sudah menonton video lirik 'Apokaliptika' dari Down For Life? Lalu, bagaimana harapanmu untuk album keempat mereka kelak?

Foto: dok. Down For Life


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler