Gandeng Musisi Idola, Navicula Gelar Konser Virtual

Denpasar - Grup musik Navicula bekerjasama dengan Apa Kabar Bali dan label rekaman Demajors membuat album 'A Tribute to Local Inspiration'. Mengawali perilisan album tersebut, mereka bakal menggelar konser virtual pada Sabtu (11/7/2020) di kanal YouTube Navicula Music.

Album ini terinspirasi dari kegiatan menata ulang studio selama masa karantina wilayah beberapa waktu lalu. Ketika Gede Robi membongkar koleksi kaset, ia mengenang ada banyak sekali band dan yang telah mempengaruhi musik Navicula sejak awal berdiri di tahun 1996. Band-band seperti, Koil, Kubik, Cherry Bombshell, Pas Band, Nugie, Plastik, Superman is Dead, LFM, dan banyak lagi sederet musisi Indonesia yang telah memberi pengaruh ke industri musik tanah air, tanpa terkecuali Navicula.

Nama-nama tersebut kemudian bakal menjadi kolaborator untuk konser virtual 'A Tribute to Local Inspiration' yang akan tayang perdana di kanal YouTube Navicula Musik pada Sabtu (10/7/2020) mendatang. Dalam keterangan resmi yang diterima oleh Beritabaik.id, Gede Robi, gitaris sekaligus vokalis Navicula menjelaskan peran musik sebagai hal yang amat penting dalam hidupnya.

"Musik adalah soundtrack hidup. Masa remaja adalah masa terbaik kita menyerap pengaruh dari lingkungan; apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan. Lagu-lagu yang kamu dengar saat remaja bisa jadi adalah playlist di hatimu selamanya. Tanpa nama-nama diatas, Navicula bukanlah Navicula yang didengar khalayak sekarang," tulis Gede Robi, gitaris sekaligus vokalis Navicula.

Baca Ini Juga Yuk: Ajak Pendengar Berlayar, Sal Priadi Rilis 'Irama Laot Teduh'

Lebih lanjut, dalam situasi seperti saat ini, Gede Robi menyebut kolaborasi adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk saling menguatkan satu sama lain. Sejumlah kisah kolaborasi yang dilihatnya di linimasa media sosial juga menjadi salah satu pemicu dibuatnya album kolaborasi bersama para idola ini. Salah satunya adalah kisah organisasi nirlaba yang dijalankan oleh Gede Robi, yakni Kopernik, yang berkolaborasi dengan petani dan pengrajin arak di Desa Karangasem, Bali dalam memproduksi bahan baku hand sanitizer.

Kegiatan ini berjalan sepanjang masa pandemi, dan mengikutsertakan lebih dari 200 lebih tenaga kerja, dan menggalang dukungan yang lebih banyak dari berbagai pihak. Bahkan, Gede Robi menuturkan kalau satu perusahaan minuman beralkohol, Diageo, yang pabriknya ada di Bali, turut menyumbang 10.000 ethanol alkohol 70 persen sebagai bahan baku hand sanitizer, sehingga saat ada total 13.000 liter bahan baku yang dimanfaatkan. Nah, kolaborasi semacam inilah yang kemudian menginspirasi Navicula untuk menyelipkan aksi sosial dalam peluncuran albumnya.

Rencananya, setelah dilangsungkan premier Navicula 'A Tribute To Local Inspiration' mereka bakal mengadakan perilisan album fisik yang mana hasil penjualannya akan sepenuhnya didedikasikan ke semua inspirasi di atas. Selain itu, sebagian keuntungan juga didonasikan ke proyek kolaborasi ini bersama dengan para pengrajin arak di Bali untuk bisa tetap memproduksi bahan baku hand sanitizer yang akan disalurkan ke seluruh fasilitas pelayanan medis dan masyarakat yang membutuhkan.

TemanBaik, kamu bisa menyaksikan konser virtual ini melalui kanal YouTube Navicula Music, ya. Mereka akan membawakan ulang lagu-lagu yang rilis di era 90-an, dari band-band yang menginspirasinya. Jangan sampai terlewatkan!

Foto: dok. Navicula

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler