Tujuh Tahun Absen, The SIGIT Kembali dengan Single 'Another Day'

Bandung - Setelah tujuh tahun absen, The SIGIT kembali dengan merilis single 'Anothe Day' belum lama ini. Single ini dikabarkan pula menjadi jalan pembuka The SIGIT menuju perilisan album penuhnya.

Melalui keterangan resminya, mereka menyebut kalau lagu 'Another Day' ini, pendengar bisa melihat sendiri perkembangan musik dari grup yang beranggotakan Donar Armando (drum), Farri Icksan (gitar, synthesizer), Aditya Bagja (bas) dan Rektivianto Yoewono (vokal, gitar) dan Absar Lebeh yang juga membantu divisi gitar pada format band ini. Ya, kelima personil panggung yang terlibat dalam pertunjukan The SIGIT memainkan peran dalam penggarapan single ini.

Musik The SIGIT lebih eksploratif di lagu ini. Mereka juga seolah mengurangi dominasi instrumen gitar dan drum pada lagu ini. Jadi, jangan harap kamu akan menemukan hentakan-hentakan irama progresif ala lagu 'Tired Eyes' atau 'Black Summer' di album 'Detourn' ataupun balutan drum dan gitar yang garang ala 'No Hook' atau 'Black Amplifier' dari album 'Visible Idea of Perfection', ya. Dibuka dengan sentuhan gitar akustik dan string, lagu ini seolah menjadi penghantar atau persiapan pendengarnya sebelum memasuki bagian inti lagunya.


                                                                    Foto: dok. The SIGIT/Refantho Ramadhan

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Merawat Koleksi Rilisan Fisik

Hentakan drum dibalut bunyi suara gitar fuzz ala The SIGIT kemudian menegaskan tema lagu ini. Bila didengarkan secara rinci, pola nada dan progresi akor pada lagu ini sebetulnya relatif lebih sederhana dibandingkan karya-karya mereka sebelumnya. Namun, eksplorasi bebunyian dari efek gitar hingga pemilihan beberapa warna instrumen mulai dari isian trumpet sebagai isian melodi, serta unsur syntheizer yang menohok di bait awal lagu menjadikan dominasi fuzz gitar dan hentakan drum dalam musik The SIGIT kini terdengar punya penyeimbang. Rasanya tak salah, apabila 'Another Day' disebut oleh mereka jadi wahana untuk menyaksikan perkembangan musik mereka sejak terakhir merilis album Detourn pada 2013.

Terlepas dari perjalanan panjang dalam proses kreatifnya, kehadiran 'Another Day' sebagai single baru The SIGIT tentu jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh pendengarnya. Hal ini ditambah lagi dengan kabar baik yang mereka sampaikan dalam keterangan resminya: ya, single ini disebut sebagai pembuka jalan mereka menuju perilisan album penuh. Namun sayangnya, mereka belum membocorkan bagaimana perkembangan album barunya tersebut.

"Tugas kita semua, tinggal menunggu proses di dapur berlangsung dengan segala macam dinamikanya," tulis mereka dalam keterangan resminya.

'Another Day' telah rilis dalam bentuk digital dan fisik. Versi digitalnya telah bisa kamu dengarkan sejak 31 Juli 2020 lalu di berbagai layanan streaming musik. Sementara versi fisik dari single ini akan diedarkan dalam bentuk kaset, dan akan dilepas menjadi paket ekslusif dalam jumlah terbatas. Wah, jangan sampai kehabisan tuh!

TemanBaik, bagaimana? Sudah mendengarkan single terbaru The SIGIT yang satu ini? Lalu, apa pendapatmu tentang lagu ini?

Foto: dok. The SIGIT/Artwork by Riandy Karuniawan

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler