HELMPROYEK Kembali Hadir dengan 'Insulin'

Bandung - Unit industrial rock asal Bandung, HELMPROYEK merilis single bertajuk 'Insulin'. Lagu ini menandakan kembalinya grup musik yang sudah malang melintang di skena musik underground Bandung dekade 90-an tersebut.

Melalui keterangan resminya, mereka menuturkan kalau ini dilatarbelakangi oleh kisah kehilangan salah satu anggota keluarga yang akhirnya berpulang setelah melalui proses perawatan intensif yang lama melawan komplikasi penyakit. 

Mereka menggambarkan apa yang mereka lihat secara langsung orang yang disayangi tersiksa setiap hari bukanlah hal yang menyenangkan. Suntikan demi suntikan, butiran obat yang selalu bertambah jumlahnya, suara dan erangan yang menahan sakit, serta selang-selang yang tertancap di tubuh adalah pemandangan buruk yang musti dilihat berulang-ulang.  

"Itu sungguh mengerikan, but there was nothing you can do," tulis mereka.

Dibuka oleh riff gitar yang sarat distorsi serta tabuhan drum dan bas tebal, lagu ini seolah menyulut shock therapy bagi pendengarnya sejak detik pertama. Tanpa basa-basi, sang vokalis langsung mendeteksi momen gawat darurat pada bait awal lagu ini.

Baca Ini Juga Yuk: 'Friendly Fire', Single Terbaru dari Tekari

Selepas itu, bertumpuk layer syntheseizer ketukan drum machine yang mendominasi hampir seluruh dari durasi lagu. Dipacu dalam tempo sedang, lagu ini didominasi pusaran riff gitar dan bas yang seakan menjadi pondasi kokoh bagi tembang bernuansa gelap. Semuanya dibalut dengan olahan suara abrasif dan tensi yang disebut oleh mereka sebagai tensi yang 'dingin'.

Proses kreatif lagu ini memakan waktu yang relatif lama. Direkam pada tahun 2015 hingga 2016, artinya perlu waktu sekitar 5 tahun untuk band yang beranggotakan Rathomi Trinugraha (vokal, synth), Vira Yudhanto (gitar), Adhitya Wibisana (bas), Indra Nugraha (synth, programming) dan dua additional players Tengku Irfansyah (sampling, synth) dan Harry Pangabdian (drum, perkusi) ini untuk menyelesaikan lagu ini.

"Pada akhirnya, memang akan selalu ada kali pertama untuk melihat langsung detik-detik kematian seseorang yang disayangi. Mungkin diiringi dengan penyesalan yang tidak akan pernah usai. Kita tidak akan mampu menyelamatkannya di dunia ini. Memang sudah terlambat. Tapi kita masih bisa berharap semoga doa-doa akan mampu menyelamatkannya pada sisi kehidupan yang lain," pungkas mereka.

TemanBaik, saat ini lagu 'Insulin' sudah bisa kamu dengarkan di berbagai platform musik digital, ya. Selamat mendengarkan!

Foto: Dok. HELMPROYEK/Orange Cliff Records

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler