Pelajari Dulu Hal Ini Sebelum Memesan Angklung ke Perajin

Bandung - TemanBaik, saat ini popularitas angklung sedang mengalami peningkatan nih. Meski banyak dicari, namun enggak sedikit di antara kita yang kesulitan menentukan barometer angklung yang bagus itu seperti apa.

Nah, menjawab keraguan itu, seniman angklung Manshur Praditya punya tips nih buat kamu yang hendak mencari angklung, namun belum tahu bagaimana cara menentukan angklung yang bagus atau tidak. Seperti apa sih tipsnya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Tips pertama adalah memilih jenis bambu yang kering. Seperti apa sih maksudnya? Jadi begini, TemanBaik. Bagian paling vital dari sebuah angklung adalah bambu yang bentuknya menyerupai tabung. Nah, bambu tersebut haruslah bambu dengan karakter kering. Jenis bambu kering ini nantinya akan berpengaruh pada kualitas suara. Lebih lanjut lagi, Manshur menjelaskan kalau ada ritual kecil yang biasa dilakukan saat menentukan bambu yang akan digunakan sebagai bahan angklung.

"Kalau nebak bambu (kering atau tidak) itu biasanya saat kemarau jam 3 sore. Sebab, kadar air dalam bambu itu sangat sedikit, sehingga rayap enggak masuk dan kualitas suaranya lebih maksimal," terang Manshur.

Baca Ini Juga Yuk:

Selanjutnya, kamu mesti membeli angklung dari bambu yang bersuara nyaring. Sebab, dalam beberapa kasus, ditemui juga loh angklung dengan suara yang memendam. Nah, karena dikenal karena jenis soundnya yang autentik, nilai autentik itu bakal lebih terasa apabila angklung yang kamu beli punya karakter suara nyaring.

Tips terakhir adalah dengan membeli dari penjual atau perajin angklung yang dapat dipercaya. Manshur menyebut kalau sebetulnya, di Bandung dan di beberapa kota besar, ada banyak perajin angklung. Namun, perajin yang menjual produk angkung dengan kualitas terpercaya mungkin jumlahnya tak sebanyak jumlah penjual atau perajin angklung. Manshur menyebut, pusat angklung di Kota Bandung yaitu Saung Angklung Udjo bisa jadi salah satu perajin angklung yang sudah bisa dipercaya kualitas produknya.

Lebih lanjut lagi, Manshur merasa hubungan antara calon pembeli dan perajin angklung dengan
kualitas yang terpercaya ini menjadi pekerjaan rumahnya sebagai seniman danpegiat angklung. Oleh karena itu, ke depannya ia sedang menjajal terobosan dengan membuat akun Instagram @indoangklunggram, yang didalamnya terdapat unggahan berisi serba-serbi dunia angklung, termasuk menghubungkan antara penjual angklung dengan kualitas terpercaya dengan calon pembelinya.

“Sebetulnya angklung itu enaknya kita bisa fleksibel (kalau mau beli angklungnya). Kita bisa pesan dari berbagai aspek, mulai dari instalasi, jenis bambu, dan masih banyak lagi,” terangnya. Lebih lanjut, ia lewat kegiatan bermusiknya, berharap angklung bisa lebih populer lagi. Menurutnya, kalau kebutuhan akan alat yang satu ini sudah meningkat, bukan mustahil angklung bisa dijumpai di seluruh toko musik di Indonesia.

Nah, sederhana juga ya sebetulnya, TemanBaik? Lalu, terpikir akan memesan angklung dengan kriteria apa saja untuk belajar nanti?

Foto: Istimewa/Dok. Manshur Praditya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler