Tertunda 8 Tahun, Slylab Luncurkan Album 'Andromeda'

Bandung - Setelah tertunda selama 8 tahun, akhirnya grup elektronik Slylab merilis album penuh bertajuk 'Andromeda' beberapa waktu lalu. Sejumlah proses dan perjalanan panjang menghiasi lahirnya album ini.

Ya, album ini merupakan diskografi perjalanan panjang Slylab di skena komunitas independen kota Bandung. Materi-materi dalam album ini dibuat dalam kurun waktu 2009 hingga 2012, beberapa di antaranya sudah terlebih dahulu rilis sebagau kompilasi dan single.

Nama-nama seperti Dewi Dona, Jajat & Aditya (Ansaphone) pun pernah ikut andil dalam pembentukan karakter Slylab di era awal. Tak bertahan lama, akhirnya Slylab bertahan dengan formasi Dean Genial Iqbal (Programmer, Synth, dan Kibor) Devita Dwi Ayu Anggraini (Vokal) dan Rayhan Sudrajat (Gitar & Vokal).

'Andromeda' itu sendiri dikisahkan sebagai ungkapan cinta pertama yang akan selalu membekas di ingatan seseorang. Kendati disebut sebagai sesuatu yang klise, namun itu yang ingin Slylab sampaikan disini.

"Andromeda tells about first love. Sometime it gives you joy and sometime it brings you tears. It is a tribute of an appreciation and a proof that they're here, they're everywhere, but when they're apart from you, your life feels like misery," tulis mereka dalam keterangan resminya.



Baca Ini Juga Yuk: The SIGIT Buka "Dapur" Lewat Serial Dokumenter 'Footnote'

Menyampaikan pesan tentang kegalauan hati dengan chord minor, drum beat glitchy, strings bernuansa gelap dan dreamy terkadang bercampur menjadi satu dengan balutan suara khas dari Devita. Secara keseluruhan, musik elektronik yang tersaji di 9 lagu ini seolah menggambarkan kegelapan. Ditambah karakter vokal Devita yang mengawang, rasanya lagu-lagu dalam album ini relatif lebih down beat ketimbang pendahulunya, 'Icarus Paradox' yang telah rilis sebagai single terpisah.

Sentuhan gitar elektrik dengan gaya bunyi yang membayang juga menjadi warna tersendiri, khususnya pada lagu 'Jupiter Upon My Head'. Belum lagi nuansa magis yang menohok sepanjang lagu 'Afternoon Calls'. Dalam album ini, lagu 'Andromeda' disajikan dalam dua format berbeda, sedangkan 'Jupiter Upon My Head' disajikan dalam tiga format berbeda. Adapun tiga lagu lainnya seperti 'Afternoon Calls', 'When Waves Meet Clouds' dan 'It’s You' disajikan dalam satu format saja.

Sebagai pengingat, Slylab berdiri pada Mei 2005. Awalnya grup ini merupakan proyek solo Dean (programming, songwriter). Pada akhirnya, ia bertemu bertemu dengan Rayhan Sudrajat di Kampus UNPAD Jatinangor tahun 2009 untuk mengisi gitar, tak lama kemudian Devita bergabung sebagai vokalis.

Perjalanan grup ini bisa dibilang kembang kempis. Sempat vakum selama 4 tahun, kemudian tahun 2016 Slylab kembali dengan single 'Icarus Paradox'. Namun karena kesibukan masing-masing personilnya, rencana rilis album pun pending. Slylab kemudian melanjutkan perjalanan musiknya  dan di tahun 2020, Slylab akhirnya bertemu dengan Humane Records yang memiliki satu visi dengan kebutuhan Slylab untuk merilis album.

TemanBaik, deretan lagu dalam album 'Andromeda' dari Slylab sudah bisa kamu dengarkan di berbagai layanan musik digital, ya. Selamat mendengarkan!

Foto: dok. Slylab


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler